Sukses

Juara Dunia MotoGP 2016, Ini Rapor Sempurna Marquez

Liputan6.com, Motegi - Sempurna. Itu kata yang tepat untuk menggambarkan aksi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada musim 2016. Kemauan Marquez untuk belajar dari kesalahannya di musim lalu membuahkan gelar juara dunia MotoGP 2016.

Musim 2015 memang menjadi momen yang buruk bagi Marquez. Setelah meraih gelar juara dunia MotoGP 2013 dan 2014, Marquez malah memperlihatkan aksi seperti pembalap yang masih minim pengalaman.

Buktinya, ia harus mengalami enam kali gagal menuntaskan balapan akibat terjatuh. Itu yang membuat Marquez hanya bisa finis di peringkat ketiga klasemen pembalap MotoGP 2015.

Untungnya, hal itu tak diulangi Marquez di musim ini. Dari 15 balapan, belum sekali pun Marquez gagal menyentuh garis finis. Berbeda dengan dua rival utamanya dari Movistar Yamaha, yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, yang kerap mengalami kesialan.

Konsistensi terus dipertahankan pembalap berusia 23 tahun itu sejak awal musim. Perjuangan dan tingkat disiplin Marquez akhirnya terbayar pada MotoGP Jepang 2016 di Sirkuit Motegi, Minggu (16/10/2016).

Terjatuhnya Rossi dan Lorenzo melapangkan jalan Marquez untuk merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2016. Sedangkan Marquez sukses merebut podium juara setelah unggul 2,992 detik atas Andrea Dovizioso. Tambahan 25 poin membuat posisi Marquez di klasemen pembalap tak lagi terkejar.

1 dari 2 halaman

Rapor Marquez

Qatar: Podium ketiga

Argentina: Juara

Austin: Juara

Spanyol: Podium ketiga

Prancis: Urutan ke-13

Italia: Podium kedua

Catalan: Podium kedua

Belanda: Podium kedua

Jerman: Juara

Austria: Urutan kelima

Republik Ceko: Podium ketiga

Inggris: Urutan keempat

San Marino: Urutan keempat

Aragon: Juara

Jepang: Juara