Sukses

Timnas Voli Putri Indonesia Peringkat Ketiga di Turnamen Vietnam

Liputan6.com, Jakarta - Prestasi mengesankan diukir Timnas voli putri Indonesia di Turnamen Internasional Bola Voli Indoor Putri Piala VTV ke-13. Menaklukkan Tiongkok Junior 3-0 (25-16, 25-19, 25-15) di Competition Hall, Ha Nam, Vietnam, Sabtu (15/10/2016), Timnas voli Putri pun finis di posisi ketiga.

Selain itu, kapten Timnas Indonesia, Aprilia Manganang, juga mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik. Berkat prestasi tersebut, Aprilia pun mendapatkan hadian US$ 300 atau sekitar Rp 4 juta. Selain itu, Ayu Nandita Saldabila juga mendapat gelar Miss Bola Voli Piala VTV 2016 dan meraup hadian US$ 300.

Saat menghadapi Tiongkok, tim asuhan Rudi Iskandar itu memang menguasai permainan sejak awal. Tiongkok yang bermaterika pemain-pemain muda pun kesulitan menghadapi serangan-serangan Aprilia dan kawanan-kawanan. Padahal, Indonesia sempat menyerah 2-3 saat bertemu di penyisihan.

"Anak-anak bermain lebih tenang dan sabar. Karena ketenangan dan kesabaran itu pula membuat permainan anak-anak bisa berkembang. Reserve, blok dan servis semuanya bagus. Kesalahan sedikit sekali," tukas Rudi.

Berkat pencapaian tim asuhan Rudi tersebut, Ketua Umum PP PBVSI, Imam Sudjarwo, juga ikut berbahagia. "Kalau target dari saya peringkat ketiga sudah tercapai," ujar Imam usai pertandingan.

Sementara itu, Thailand yang sukses menjadi penguasa turnamen tersebut. Di laga pamungkas, mereka mampu mempecundangi Vietnam 3-0 (25-20, 25-19, 25-10).

Klasemen Akhir:

1. Thailand

2. Vietnam

3. Indonesia

4. Tiongkok Junior

5. Jepang

6. Tiongkok