Sukses

7 Data dan Fakta MotoGP 2016, Rossi-Marquez Saling Sikut

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez telah memastikan diri merebut gelar juara dunia tanpa menunggu seri terakhir. Kepastian itu didapat setelah dia finis di urutan pertama MotoGP Jepang, akhir pekan kemarin.

Perolehan tersebut membuat poin Marquez tidak terkejar para pesaing. Marquez menempati peringkat pertama dengan 273 poin. Poin Marquez tidak terkejer oleh rival terdekat, Valentino Rossi dengan 196 poin. Terpaut 77 poin di tiga seri sisa, Rossi mustahil mengejar Marquez.

Prestasi musim ini sangat spesial bagi Marquez. Pembalap 23 tahun ini merebut gelar juara dunia lima kali di dua kelas berbeda: 2 kali juara dunia Moto2 dan 3 kali juara dunia kelas tertinggi MotoGP masing -masing musim 2013, 2014, dan 2016.

Terlepas dari keberhasilan Marquez, persaingan merebut gelar juara dunia MotoGP 2016 secara keseluruhan sangat menarik. Berikut data dan fakta itu dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

1 dari 3 halaman

Data dan Fakta

1. Sang juara dunia, Marc Marquez tampil sebagai juara tanpa noda. Marquez selalu berhasil mendapatkan poin, tanpa terjatuh. Sepanjang 2016, Marquez total lima kali merebut podium satu, sedangkan pencapaian terburuk Marquez finis di posisi 13 MotoGP Prancis.

2. Pencapian Marquez dengan merebut 5 gelar di dua kelas berbeda membuat rider asal Spanyol ini menjadi pembalap tercepat sepanjang sejarah MotoGP yang merebut juara dunia di dua kelas berbeda.

3. Tiga kali gagal mendapatkan poin membuat Rossi menyerah dari Marquez. Sejak tampil di kelas MotoGP, Rossi belum pernah tampil menjadi juara dunia bila tiga gagal gagal finis.

4. Sejak 2001,baru pembalap Italia, Valentino Rossi yang merebut gelar juara dunia 5 kali beruntun, terhitung mulai dari 2001 sampai 2005. Sejak itu, belum ada pembalap yang mampu melakukannya.

2 dari 3 halaman

Dominasi Spanyol

5. Dominasi Spanyol berlanjut di musim 2016. Terhitung, sejak 2011, dua pembalap Jorge Lorenzo dan Marquez saling bergantian merebut gelar juara dunia.

6. Pada 2016, Marquez juga berstatus sebagai raja pole-position. The Baby Alien 6 kali start dari posisi terdepan, sedangkan dua rekannya, pembalap Yamaha hanya masing-masing 3 kali pole-position.

7. Jack Miller (Marc VDS) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) menjadi dua pembalap tim satelit yang merebut podium pertama MotoGP. Miller tampil sebagai juara di MotoGP Belanda dan Crutchlow di MotoGP Republik Ceko.