Sukses

5 Alasan Liverpool Pantas Kalahkan Manchester United

Liputan6.com, Liverpool - Duel Liverpool kontra Manchester United (MU) pada matchday kedelapan Liga Inggris di Anfield, Selasa (18/10/2016) dinihari WIB, bukan akhir cerita Juergen Klopp atau Jose Mourinho. Tapi ini lebih pada gengsi kedua tim yang selalu menyebut sebagai musuh bebuyutan.

Ini pertandingan bersejarah yang kental dengan tradisi sepak bola Liga Inggris. Dan sudah bisa diprediksi jika media Inggris pasti akan memfokuskan perhatian pada laga ini.

Begitu pun tentang siapa pemain yang akan diturunkan kedua tim nanti. Skenario materi pemain akan menjadi isu hangat jelang laga big match ini.

Sebagai tuan rumah, Liverpool memang berada di atas angin.Namun, di luar itu, masih ada beberapa faktor lain yang berpihak kepada Liverpool.

Berikut lima alasan mengapa Liverpool pantas memenangkan pertandingan:
1 dari 6 halaman

1. Blind dan Smalling Harus Kerja Keras

Kedua pemain bertahan Manchester United ini dipastikan bakal bergotong-royong menjaga gawang mereka tetap "perawan". Dalam beberapa hari terakhir, Blind maupun Smalling tengah dalam sorotan media lantaran mereka jadi biang kerok terciptanya delapan gol di tujuh pertandingan Liga Inggris.

Blind memang memiliki banyak kualitas yang sangat baik, terutama dalam hal gaya bertahan. Tapi, kecepatan dalam menghalau bola atau serangan boleh dikatakan jadi faktor penentu, karena ini akan meringankan Smalling.

Di bagian lain, Smalling berjuang untuk memulai setiap pertandingan tanpa memperdulikan duetnya di lini pertahanan United. Kurangnya komunikasi ini yang menyebabkan dirinya hanya mendapatkan rating 6,66. Berarti, jika dia melakukan kesalahan bukan tidak mungkin David De Gea bakal memungut bola dari gawangnya.

2 dari 6 halaman

2. Coutinho Lebih Pede

Philippe Coutinho atau Anthony Martial saat ini makin terkenal lantaran kontribusi membongkar pertahanan lawan. Itu berarti keberhasilan pertarungan ini akan tergantung pada bagaimana pengatur serangan mampu lolos dari pengawalan pemain bertahan.

Menyelisik rekam jejak, kedua pemain memiliki bakat yang luar biasa. Tapi pada akhirnya semua tergantung dengan kepercayaan diri pemain ketika tiba di Anfield.

Coutinho tentu lebih pede ketimbang Martial karena ia mendapat dukungan dari puluhan ribu penonton. Ini jelas bukan kabar positif buat Martial ditambah asumsi jika dirinya akan lebih banyak membantu pertahanan.

3 dari 6 halaman

3. Liverpool Tak Khawatirkan Eropa

Konsentrasi Juergen Klopp tak akan terganggu dalam menentukan pilihan pemain yang akan diturunkan, meskipun Liverpool akan melakoni Liga Europa. Sebaliknya, Jose Mourinho harus membuat pilihan terhadap pemain mengingat peluangnya lolos ke babak berikutnya di Liga Europa makin tipis setelah kalah dari Fenerbahce dengan skor 0-1.

Namun demikian, itu bukan berarti Mourinho bakal menyerah begitu saja. Tetapi ada indikasi jika ia bakal merotasi satu atau dua pemain untuk menjaga kebugaran anak asuhnya sebelum tampil di Liga Europa.

4 dari 6 halaman

4. Keajaiban Anfield

Penggemar Liverpool sudah terganggu dengan keputusan Komite Wasit Inggris yang menunjuk Anthony Taylor sebagai juru pengadil di laga ini. Hal itulah yang menyebabkan Stadion Anfield semakin angker sebab mereka akan mengintimidasi pemain lawan sepanjang 90 menit pertandingan berlangsung.

Segelintir fakta tentang keangkeran Anfield inilah yang membuat penggemar Liverpool percaya bahwa mereka bakal memetik kemenangan. Pasalnya kubu lawan terus diguncang isu tak sedap terutama yang menimpa Wayne Rooney dalam beberapa hari ke belakang.

5 dari 6 halaman

5. Mane Dalam Kondisi Bagus

Musim lalu ada wacana yang menyebut jika Manchester United tertarik mendatangkan Sadio Mane ke Old Trafford. Sayangnya, kesepakatan tidak pernah terjadi dan sang pemain terus menampilkan permainan yang memukau bersama Liverpool di musim ini.

Fisik yang kuat serta instingnya dalam mencetak gol membuat Mane dianggap salah satu penyerang yang ditakuti di Liga Inggris. Dari statistik Whoscored, pemain bernomor punggung 19 itu sudah mencetak tiga gol dan satuassist dari enam penampilan bersama Liverpool.

Yang lebih mencengangkan lagi, pemain berpaspor Senegal itu mendapatkan rating 8,02. Mampukah ia menambah koleksi golnya di pertandingan nanti?

(David Permana)