Sukses

Marc Marquez, Kematangan Bocah Ajaib MM93 di MotoGP 2016

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez menorehkan sejarah saat menjuarai MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (16/10/2016). Selain memastikan gelar juara MotoGP 2016, dia juga mencatatkan sejarah dengan menjadi pembalap termuda yang mampu juara dunia balap motor 5 kali atau hattrick juara MotoGP.

Dia mengalahkan Rossi dengan menjuarai MotoGP tiga kali pada usia 23 tahun 242 hari. Beragam catatan apik pun ditorehkan Marquez seperti belum pernah gagal finis hingga seri ke-15 MotoGP.Posisi finis terburuknya yaitu posisi ke-13 pada MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans.

Sejak naik kelas ke MotoGP 2013 lalu, Marquez memang sudah tampil fenomenal.Tanpa ampun, pembalap Repsol Honda ini langsung keluar sebagai juara.

Dia harusnya bisa merebut hattrick gelar juara MotoGP pada 2015 lalu. Tapi kecerobohannya saat membawa motor di trek membuatnya merugi sendiri. Bagaimana tidak, dia melakukan kesalahan karena terjatuh sebanyak enam kali.

Belum lagi intriknya dengan Valentino Rossi membuat suasana tambah panas. Dia pun harus melepas gelar juara MotoGP kepada Jorge Lorenzo.

"Sungguh sulit untuk menjadi matang, saya harus kehilangan gelar juara di 2015 untuk bisa seperti ini. Ini harga mahal yang harus dibayar, tapi sekarang saya bahagia," ujarnya seperti dikutip crash.

Berikut torehan Marquez dalam infografis: