Sukses

3 Momen Gemilang Messi di 2016

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi kembali mengukir prestasi gemilang kala mengantarkan Barcelona menang 4-0 atas Deportivo La Coruna di Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (15/10/2016). Ini bukan terkait instingnya dalam mencetak gol di menit 65 melainkan rekor baru yang diciptakannya.

Messi diketahui sudah tak membela Barcelona hampir satu bulan pasca mengalami cedera pangkal paha saat membela tim nasional Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Namun, ketajamannya dalam membobol gawang lawan masih terasa.

Itu terbukti ketika Messi diturunkan Luis Enrique pada babak kedua menggantikan Sergio Busquets. Pemain bernomor punggung 10 itu pun membayar lunas kepercayaan pelatih dengan mencetak gol tiga menit atau 180 detik setelah La Pulga masuk ke lapangan hijau.

Secara keseluruhan, Messi telah membukukan 180 gol selama 176 pertandingan di Camp Nou. Pemain berkebangsaan Argentina itu dinobatkan sebagai top scorer sepanjang sejarah The Blaugrana usai menyalip torehan gol legenda Telmo Zarra dengan 179 gol.

Berikut Momen Gemilang Lionel Messi di 2016
1 dari 4 halaman

1. Juni 2016

Messi menasbihkan namanya sebagai pencetak gol tersubur tim Tango (54 gol dalam 110 pertandingan). Di mana 26 gol disumbangkan dalam laga persahabatan, lima gol Piala Dunia, 16 gol di babak kualifikasi, dan tujuh di Copa America.

Berkat keberhasilan itu ia menyamai rekor legenda Gabriel Batistuta. Itu terjadi ketika La Pulga menyumbangkan gol ke gawang Venezuela di perempat final Copa America Centenario (CAC) 2016.

Messi mencetak di menit ke-60 melalui aksi satu dua sentuhan dengan Gaitan. Meskipun memberikan kontribusi atas kemenangan Argentina denhan skor 4-1, namun tak ada selebrasi yang berlebihan.

2 dari 4 halaman

2. Copa America Centenario

Pada edisi khusus Copa America ini Messi banyak membuat rekor. Tak hanya mampu melampaui catatan gol Gabriel Batitusta saja, tapi pemain bertubuh mungil itu punya cerita tentang hattricknya ke gawang Panama.

Ya, Messi menciptakan rekor baru sebagai pemain pengganti dengan mencetak hattrick di CAC 2016. Menurut statistik,  Messi jadi pemain cadangan kedua yang menceploskan tiga gol setelah Paulo Valentim (Brasil) 1959.

3 dari 4 halaman

3. Liga Champions

Kemenangan besar Barcelona atas Celtic di babak penyisihan Grup C pada September lalu mengejutkan penikmat sepak bola dunia. Pasalnya tuan rumah sukses menggilas tamunya dengan skor 7-0.

Messi yang saat itu berada dalam kondisi fit menyumbangkan tiga gol. Inilah yang membuat dirinya berhasil menorehkan rekor baru dalam sejarah Liga Champions.

Berkat kecerdikannya membobol gawang Celtic (hattrick), ia sukses melewati rekor Cristiano Ronaldo yang mampu mencetak hattrick sebanyak enam kali. Sementara bintang Real Madrid itu hanya lima kali sepanjang kariernya menekuni olahraga si kulit bundar.
(David Permana)