Sukses

Sirnas, Jalan Pintas Menuju Pelatnas PBSI

Liputan6.com, Surabaya - Kejuaraan bulutangkis antar SD dan SMP bertajuk Sirkuit Nasional (Sirnas) Milo School Competition (MSC) sudah sampai di Kota Surabaya. Sirnas MSC di Surabaya bakal diikuti 700 peserta dan pertandingan digelar mulai 17 hingga 22 Oktober mendatang.

Sirnas MSC dibagi menjadi dua kategori yaitu beregu SD dan SMP serta perorangan yang semuanya digelar di GOR Sudirman, Surabaya.  Sebanyak 13 beregu SD Putra, 19 beregu SMP Putra dan 9 beregu SMP Putri dari Surabaya, Sidoarjo, Kediri, Probolinggo, Blitar, Jember dan Pamekasan siap untuk menjadi juara di seri kali ini.

Sirnas MSC menjadi jalan praktis untuk ikut pelatnas bulutangkis yang digelar PBSI. Pasalnya, sirnas MSC sudah menggunakan sistem poin yang ditentukan menurut kelompok usia dan bakal mempengaruhi peringkat peserta di PBSI.

Pada kelompok usia U-13, juara mendapatkan 200 poin, kedua 170 poin dan ketiga 140 poin. Sedangkan untuk kelompok usia U-15 juara akan mendapatkan 300 poin, kedua 255 poin, serta ketiga 210 poin. Selain itu, keikutsertaan dalam kompetisi sirkuit nasional juga menjadi salah satu syarat untuk proses seleksi Pelatnas.

"Turnamen ini sebagai ajang mencari atlet masa depan yang menjadi harapan Indonesia di masa mendatang," kata Kepala Sub Bidang Turnamen dan Perwasitan PP PBSI, Eddyanto Sabarudin seperti rilis yang diterima media.

"Kami berharap putaran kelima Sirnas ini bisa menjadi pendorong munculnya pebulu tangkis kelas dunia dari Surabaya," ujarnya menambahkan.