Sukses

5 Pemain Kandidat Bek Kanan Barcelona Musim Depan

Liputan6.com, Barcelona - Luis Enrique tampaknya sudah kehilangan kesabaran dengan Aleix Vidal. Pemain yang direkrut Barcelona pada 2015 dengan biaya transfer sebesar 14 juta euro ternyata belum mampu menggantikan peran yang ditinggalkan Dani Alves.

Akibatnya, lima nama sudah masuk dalam daftar pemain yang siap diboyong pada bursa transfer musim dingin mendatang. Kekalahan 1-2 atas Alaves di Liga Spanyol, jadi penyebab mengapa Enrique begitu ngotot melepas Vidal. Sejak itu pelatih Barcelona memilih Sergi Roberto untuk mengisi kekosongan di bek kanan.

Sikap Enrique justru menimbulkan konflik yang menyebabkan Vidal berencana angkat kaki dari Camp Nou. Padahal, masa bakti Vidal bersama Bacelona masih menyisakan empat tahun lagi.

Permasalahan interval tersebut sampai membuat Direktur Olahraga Robert Fernandez turun tangan. Namun apa daya, pemain berkebangsaan Spanyol itu telah memutuskan untuk pergi setelah meminta pendapat dari rekan setimnya.

Jika melihat kondisi seperti ini besar kemungkinan Vidal bakal keluar pada bursa transfer musim dingin mendatang. Tapi, apakah Barcelona sudah mempersiapkan nama untuk menggantikan posisinya?

Berikut lima nama yang dipersiapkan Barcelona untuk menggantikan Vidal:

1 dari 6 halaman

Darijo Srna

1. Darijo Srna

Usia Srna memang sudah tak muda lagi. Namun ia mampu memainkan peran yang baik saat turun sebagai pemain bek kanan bersama Shakhtar Donetsk. Tak ingin terburu-buru berpisah dengan klub asal Ukraina, Donetsk akhirnya memagari pemain berpaspor Kroasia selama satu musim (2016-2017).

Berarti ada peluang Barcelona untuk mendapatkan Srna dengan status bebas transfer pada musim depan. Karena pemain berusia 34 tahun yang telah dikaitkan dengan The Blaugrana sejak masih dilatih Pep Guardiola, dilaporkan tidak berencana melanjutkan kontraknya dengan Donetsk yang dibelanya sejak 2003 lalu.

Sebenarnya ini bukan pilihan yang tepat buat Barcelona mengingat usia Srna sudah mulai uzur. Namun pada akhirnya keputusan berada di tangan Enrique dan ia tentu tahu pemain yang sedang dibutuhkannya.

2 dari 6 halaman

Joao Cancelo

2. Joao Cancelo

Bek Valencia ini telah dijadikan sebagai target utama Barcelona. Pemain kelahiran Barreiro, Portugal, 27 Mei 1994 itu dianggap sebagai salah satu prospek di masa depan. Mantan pelatih Kelelawar Valencia, Gary Neville pernah berkata bahwa dia akan menjadi pengganti ideal Dani Alves.

Soal kemampuan, Cancelo tak perlu diragukan. Dia mampu memainkan peran baik dalam menyerang. Tak hanya gaya bermainnya saja, pemain berusia 22 tahun itu juga dikenal memiliki fisik yang oke.

Canelo Bahkan mampu mengkombinasikan fisik dengan kemampuan dribbling serta crossing-nya yang aduhai. Inilah yang sering kali membuat pemain bertahan kewalahan menjegal langkah pemain Valencia. Tapi setiap pemain pasti memiliki kelemahan dan itu juga dirasakan pemain yang satu ini.

Ya, Canelo harus banyak belajar bertanggung jawab atas posisinya. Terkadang setiap bermain ia terlihat begitu bersemangat untuk membantu melakukan serangan, namun ia sedikit lupa bahwa ia juga harus membantu pertahanan. Inilah yang harus jadi bahan pertimbangan Luis Enrique.

3 dari 6 halaman

Stephan Lichtsteiner

3. Stephan Lichtsteiner

Bek kanan satu ini sangat spesial di mata pejabat Barcelona. Karena Robert Fernandez bersama bersama Urbano Ortega rela terbang ke Andorra untuk menyaksikan pemain Juventus bermain membela Swiss, Selasa (11/10) dinihari WIB.

Lichtsteiner jadi target Barcelona setelah kurang mendapatkan perhatian dari Massimiliano Allegri, terutama sejak kedatangan Dani Alves. Menurut laporan sejumlah media di Eropa, pemain berusia 32 tahun itu dikabarkan siap meninggalkan Si Nyonya Tua pada bursa transfer musim dingin atau Juni 2017, setelah kontraknya berakhir.

Ada dua keuntungan yang bisa didapat Barcelona. Pertama, pemain berusia 32 tahun ini memiliki pengalaman yang oke baik di liga domestik maupun di kompetisi antar klub Eropa. Kedua, Juventus tidak mendaftarkan namanya pada skuat saat tampil di Liga Champions. Sehingga ini akan jadi hal yang bagus buat tim polesan Enrique untuk menutupi keropos di bagian bek kanan.

4 dari 6 halaman

Joshua Kimmich

4. Joshua Kimmich

Pemain imut yang satu ini masuk dalam daftar incaran Barcelona. Maklum saja, walaupun usianya masih sangat muda, ia sudah memiliki kualitas yang baik dan mampu memainkan peran di bek kanan bersama Bayern Muenchen.

Kimmich tak hanya berperan sebagai bek kanan saja. Pemain berusia 21 tahun itu juga dapat mengambil posisi sebagai pemain bertahan (bek tengah). Sehingga tak salah jika Barcelona menempatkan 'mata elang' untuk memantau setiap perkembangan pemain incarannya tersebut.

Artinya, ini adalah keuntungan besar buat Luis Enrique. Pasalnya ia tidak hanya mendapatkan bek kanan anyar saja, tapi Kimmich juga bisa dijadikan sebagai pelapis Javier Mascherano serta Gerard Pique.

Pertanyaannya, apakah Barcelona mampu membujuk Kimmich untuk meninggalkan Allianz Arena pada bursa transfer musim dingin nanti? Mengingat dia masih menyisakan kontrak bersama Muenchen hingga 2020 mendatang.

5 dari 6 halaman

Hector Bellerin

5. Hector Bellerin

Pilihan terakhir jatuh pada Hector Bellerin. Menurut beberapa laporan media di Spanyol, Barcelona tertarik untuk membawa pulang jebolan akademi La Masiaa ke Camp Nou pada bursa transfer mendatang.

Bellerin diproyeksikan untuk menjadi pengganti Dani Alves di sisi kanan pertahanan Blaugrana. Namun, tampaknya Barcelona bakal menemui rintangan untuk membujuk pemain berusia 21 tahun tersebut.

Pasalnya Bellerin mengaku tak tertarik pulang ke Barcelona. Dia mengaku senang bermain bersama Arsenal dan merasa masa depannya berada disana. "Saya senang bermain bersama Arsenal dan tak berpikir untuk kembali ke Barcelona. Masa depan saya berada di sini dan saya masih memiliki kontrak tiga tahun bersama Arsenal," ujarnya.