Sukses

5 Pemain Muda Latin Calon Bintang di Eropa

Mereka siap mengikuti jejak-jejak seniornya seperti Neymar, Messi, ataupun Luis Suarez.

Liputan6.com, Jakarta - Sulit memisahkan Amerika Latin dengan sepak bola. Sebab, dari benua ini banyak terlahir pesepakbola yang selalu siap jadi pemain besar.

Dalam beberapa dekade terakhir, lahirlah pemain-pemain hebat seperti Ronaldinho, Ronaldo, Fernando Redondo, Luis Suarez, Lionel Messi, Neymar, Oscar, Coutinho, Roberto Firmino, James Rodriguez, dan masih banyak lagi pemain besar yang sukses menjadi idola di klub Eropa.

Klub di Amerika Latin memang tak pernah berhenti menelurkan bintang lapangan hijau. Baru-baru ini Gabriel Barbosa mendapat sorotan tajam dari media di seluruh dunia setelah sepakat bergabung dengan Inter Milan.

Gabigol, begitu dia disapa adalah salah satu pemain muda yang dianggap bakal bersinar di Eropa. Siapa sajakah yang nantinya akan mengekor The Next Neymar ke Eropa?

Berikut lima pemain Amerika Latin yang diprediksi bakal bersinar di Eropa:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cristian Gutierrez (Colo-Colo)

Nama Cristian Gutierrez mungkin terdengar asing. Pemain kelahiran Kanada ini telah membuat penampilan yang ciamik bersama klub Chile, Colo-colo.

Setelah menghabiskan sebagian besar karier mudanya di Chile, Gutierrez dianggap sudah pantas membuat debut bersama tim nasional senior. Meskipun saat ini ia masih berusia 19 tahun, namun ia dianggap memiliki peran yang oke sebagai bek kiri.

The Next Roberto Carlos, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan permainan Gutierrez di lapangan hijau. Karena ia terlihat tak pernah lelah untuk membantu pertahanan serta melakukan serangan.

Melihat bintang baru di Amerika Selatan membuat sejumlah klub Eropa mulai mengirimkan pemandu bakat untuk memantau perkembangan pemain dengan tinggi badan 1,75 m tersebut. Adalah Liverpool, Tottenham, AC Milan dan Inter Milan dikatakan tertarik pada pemain ini.

3 dari 6 halaman

2. Luan (Gremio)

Pemilik nama lengkap Luan Guilherme de Jesus Vieira memulai kariernya di olahraga futsal. Pada 2012, penyerang asal Brasil itu akhirnya dipinang Tanabi. Setelah satu musim menjadi penghangat bangku cadangan, Gremio akhirnya melirik sang pemain pada 2014.

Perlahan, pemain serbabisa ini mulai menunjukkan kebolehannya bersama Gremio. Dalam satu musim, pemain berusia 23 tahun itu mampu mencetak 20 gol dari 75 pertandingannya bersama klub. Berkat rapor mentereng dan kemampuannya men-dribbling bola ia akhirnya dipanggil untuk membela timnas Brasil di Olimpiade.

Tiga klub Eropa pun tertarik untuk mendatangkan Luan. Adalah Liverpool, Manchester United dan Barcelona dilaporkan tertarik dengan pemain Gremio tersebut. Lantaran dia dianggap sebagai pekerja keras dan mampu bermain di beberapa posisi menyerang, seperti winger dan gelandang serang. Ini hanya masalah waktu saja untuk mengetahui kabar tentang pemain ini di klub Eropa.

4 dari 6 halaman

3. Thiago Maia (Santos)

Ketimbang dua nama di atas, Maia paling banyak mendapatkan sorotan dari media di Eropa. Pemain 19 tahun ini digadang-gadang memiliki talenta sebagai pesepakbola handal.

Pemain bergabung bersama Santos pada 2011. Jebolan Sao Caetano itu membuat debutnya pada Oktober 2014 saat melawan Chapecoense. Sejak penampilan itu gelandang bertahan ini selalu menjadi andalan pelatih di sektor gelandang bertahan.

Maia lantas diprediksi bakal merumput di Eropa musim depan setelah empat klub top dilaporkan tertarik untuk bernegosiasi dengan Santos. Adalah Manchester United, Chelsea, Barcelona, dan Juventus. Tapi Blaugrana berada di barisan terdepan setelah sejumlah media memberitakan bahwa Maia boleh dibilang sebagai pelapis ideal Sergio Busquets.

5 dari 6 halaman

4. Rodrigo Bentancur (Boca Juniors)

Rodrigo Bentancur adalah salah satu pemain bertalenta dari Liga Argentina. Ini bukan sekadar isapan jempol belaka, pada musim lalu ia menerima penghargaan sebagai pemain muda terbaik versi Koran Clarin.

Bentancur mampu memainkan peran di lini tengah dan ia selalu menyebut dirinya mirip dengan Gago atau Riquelme. "Selain dua nama itu, saya juga mengidolakan Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Sergio Busquets. Itu karena mereka memiliki teknik yang hampir sempurna, dan ketiga pemain itu selalu saya jadikan sebagai tolok ukur bagaimana saya bermain."

Untuk mendatangkan pemain Boca Juniors ini, Real Madrid rela memberangkatkan pemandu bakatnya untuk terbang ke Argentina. Selain juara Liga Champions musim lalu, Juventus dan Arsenal disebut tertarik untuk mendatangkan pemain berusia 19 tahun tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Lucas Lima (Santos)

Klub Brasil, Santos, masih belum berhenti melahirkan pemain berbakat di dunia. Setelah Neymar dan Gabigol, kini giliran Lucas Lima cetakan terbaru mereka. Ya, playmaker ini sukses membuat sejumlah klub di Eropa berebut untuk mendapatkan jasanya.

Klub Liga Super China dan Porto telah melemparkan cv untuk melamar Lima. Namun pemain berusia 26 tahun itu bersikeras mempertahankan statusnya sebagai pemain Santos sambil menunggu pinangan klub top Eropa.

AC Milan disebut sebagai tim terdepan untuk mendapatkan Lima. Bahkan baru-baru ini I Rossoneri lebih bersemangat dari sebelumnya lantaran Riccardo Montolivo masih terbaring lemas akibat cedera ligamen.

"Milan sebenarnya ingin mendatangkan Lima pada Agustus, namun permintaan yang terlalu berlebihan dari Santos membuat klub memilih mundur. Namun pada Januari negosiasi kemungkinan bisa dibuka lagi.

Tentang Lima, kami menerima berbagai informasi dari beberapa klub seperti Paris Saint Germain dan Valencia, tapi saya hanya agennya dan Antonio Gialloreto memiliki mandat untuk bernegosiasi dengan klub-klub Eropa," ujar agen Edson Khodor Gazzamercato.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.