Sukses

Trauma Piala AFF 2012, Timnas Indonesia Bawa 3 Kiper

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia diperbolehkan membawa 23 pemain yang akan berlaga di Piala AFF 2016. Dari jumlah pemain itu, sektor gelandang dan bek mendapat porsi paling besar.

"Kita susunannya, 3 kiper, 8 bek, 8 gelandang, dan 4 striker," kata Asisten Pelatih Timnas, Wolfgang Pikal saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (18/10/2016).

Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina 19 November hingga 17 Desember 2016. Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura.

Pikal menuturkan, komposisi tersebut dipilih lantaran timnas tidak ingin mengulangi peristiwa pada Piala AFF 2012. Ketika itu, timnas hanya membawa dua kiper dan akhirnya kesulitan saat dua penjaga gawang tersebut mengalami cedera.

Ketika itu, timnas Indonesia hanya memanggil Endra Prasetya dan Wahyu Tri Nugroho sebagai kiper. Di Piala AFF 2012 itu, timnas Indonesia yang diasuh Nil Maizar gagal lolos dari fase grup.

"Kita tidak mau ulangi kesalahan fatal pada 2012. Makanya kita panggil 3 kiper. Kalau untuk posisi yang lain hanya backup saja," ujar Pikal.

Sementara itu, terkait pemanggilan Stefano Lilipaly, Pikal mengungkapkan timnas masih menunggu surat resmi dari klubnya SC Telstar. Pikal mengatakan, Telstar belum mau melepas Lilipaly karena masih membutuhkan jasanya di pertandingan Divisi Dua Liga Belanda.

"Telstar tidak mau lepas untuk TC sekarang karena masih ada pertandingan di Belanda. Tanggal 4  November dia baru bisa berangkat dan tanggal 5 November dia bergabung dengan kami di Vietnam," kata Pikal.