Sukses

Komentari Wasit MU Lawan Liverpool, FA Panggil Mourinho

Mourinho kerap mendapatkan masalah akibat komentarnya.

Liputan6.com, Manchester - Mulutmu harimaumu. Itu kata yang layak menggambarkan situasi pelatih Manchester United, Jose Mourinho, saat ini. Akibat komentarnya mengenai wasit Anthony Taylor, ia pun dalam penyelidikan yang dilakukan FA.

Sebelum Liverpool dan MU bentrok di Anfield, Selasa (18/10/2016) dinihari WIB, Mourinho melakukan kebiasannya dengan melontarkan komentar pedas. Kali ini, serangan lisannya diarahkan kepada wasit Taylor.

Mourinho menilai Taylor akan kesulitan memimpin duel kedua tim yang telah berakhir dengan skor 0-0 tersebut. "Saya pikir Taylor wasit bagus. Namun saya memprediksi ia akan kesulitan tampil bagus setelah adanya tekanan dari beberapa orang," kata Mourinho seperti dilansir Sky Sports, Senin (17/10/2016).

Usai melontarkan pernyataan tersebut, FA langsung melakukan penyelidikan. Kini, seperti dikutip Soccerway, FA memanggil Mourinho untuk meminta penjelasan terkait pernyataan itu. Batas waktu Mourinho untuk menghadapi adalah Jumat (21/10/2016) pukul 18:00 waktu setempat.

Dalam sebuah peraturan FA, seorang manajer atau pemain tak boleh membuat pernyataan yang menjurus intimidasi atau mempengaruhi soal penunjukan wasit sebelum pertandingan dimulai. Sebab, FA ingin menghindari sikap berat sebelah wasit dalam memimpin pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Hal Baru

Pada Mei 2016, mantan manajer MU, Alex Ferguson, menjadi manajer pertama yang mendapatkan hukuman akibat peraturan tersebut setelah berkomentar soal Howard Webb. Ia menyebut Webb sebagai wasit terbaik di Inggris.

Pada Oktober 2015, pelatih Chelsea, Jose Mourinho, kembali didenda FA sebesar 40.000 poundsterling plus satu kali larangan mendampingi pemainnya bertanding akibat bersitegang dengan wasit Jon Moss saat melawan West Ham United. (www.squawka.com)

Untuk Mourinho, mendapatkan masalah akibat komentarnya bukan hal baru. Saat masih melatih Chelsea untuk periode kedua di musim lalu, ia sempat disanksi larangan satu pertandingan dan denda 50 ribu pounds. Saat itu, Mourinho mengatakan wasit takut memberikan hadiah penalti saat The Blues kalah 1-3 dari Southampton.

Ia juga sempat diusir ke tribun saat Chelsea kalah dari West Ham pada Oktober 2015. Selain diusir ke tribun, ia juga dilarang hadir di pinggir lapangan di laga berikutnya, yakni saat menghadapi Stoke City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini