Sukses

Ronaldo Sumbang 2 Assist, Madrid Pecundangi Legia

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid melanjutkan superioritas mereka. Usai menaklukkan Real Betis 6-1, kini Madrid membungkam Legia Warsawa 5-1 pada matchday ketiga Grup F Liga Champions 2016/2017 di Santiago Bernabeu, Rabu (19/10/2016) dinihari WIB.

Meski berbeda level, kedua tim telah memperlihatkan pertandingan yang menarik sejak babak pertama. Buktinya, paruh pertama dihiasi dengan terciptanya empat gol.

Madrid unggul lebih dulu lewat aksi Gareth Bale yang sukses menaklukkan kiper Arkadiusz Malarz di menit ke-16. Bahkan, Madrid sudah mampu menggandakan keunggulan setelah manuver Marcelo memaksa Tomasz Jodlowiec menciptakan gol bunuh diri di menit 19.

Meski begitu, Legia juga mampu melakukan perlawanan. Strategi serangan balik mereka berbuah hadiah penalti di menit ke-22. Danilo tertangkap melanggar Miroslav Radovic di kotak terlarang. Radovic yang maju sebagai eksekutor mampu menuntaskan tugasnya dengan baik.

Madrid yang mendapatkan dukungan penuh dari pendukungnya kembali bersorak di menit ke-37. Pasalnya, umpan cantik Cristiano Ronaldo bisa dituntaskan Marco Asensio dengan baik. Itu menjadi gol debut Asensio di Liga Champions.

Para pemain Real Madrid merayakan gol Gareth Bale ke gawang Legia Warsawa pada laga Grup F Liga Champions di Santiago Bernabeu, Madrid, Selasa (18/10/2016) dinihari WIB. (AFP/Javier Soriano)

Keunggulan 3-1 yang bertahan hingga babak pertama berakhir membuat pelatih Zinedine Zidane sudah merasa tenang. Di menit ke-63, ia melakukan dua pergantian pemain. James Rodriguez dan Bale ditarik, Lucas Vazquez dan Alvaro Morata dimainkan.

1 dari 2 halaman

Keputusan Jitu Zidane

Namun, pergantian itu tak membuat agresivitas Madrid menurun. Buktinya, Madrid langsung menambah keunggulan di menit ke-68. Tendangan voli fantastis yang dilepaskan Vazquez usai menyambut umpan Morata menjebol gawang Legia.

Tertinggal 1-4 tak membuat tim tamu patah arang. Berbagai upaya dilakukan tim asuhan Jacek Magiera tersebut, khususnya lewat sisi sayap. Namun, benteng pertahanan Madrid yang dijaga Pepe dan Raphael Varane begitu sulit ditembus.

Di menit ke-79, Zidane menggunakan jatah terakhir pergantian pemain timnya. Asensio ditarik keluar untuk digantikan Mateo Kovacic. Pergantian itu bukan pertanda bahwa Madrid menurunkan intensitas mereka.

Buktinya, mereka masih sanggup menambah keunggulan menjadi 5-1 di menit ke-84. Setelah memberikan assist untuk Vazquez, kini giliran Morata yang mencatatkan namanya di papan skor usai memaksimalkan assist Ronaldo.

Meski tak mampu menambah pundi-pundi golnya, aksi Ronaldo di laga tersebut tetap layak mendapat apresiasi. Berkat kontribusinya, Madrid tetap menempel Borussia Dortmund dari urutan kedua dengan jumlah poin yang sama.

Susunan Pemain:

Madrid: Navas; Danilo, Pepe, Varane, Marcelo, James (Vazquez 63), Kroos, Asensio (Kovacic 79), Ronaldo, Benzema, Bale (Morata 64)

Legia: Malarz; Bereszynski, Czerwinski, Rzezniczak, Hlouesk, Jodlowiec, Moulin (Kopczynski 81), Guiherme (Qazaishvili 74), Odjidja, Radovic (Nikolics 74)