Sukses

Marquez Sudah Kalahkan Rossi Sejak Pertengahan Musim

Liputan6.com, Motegi - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez mengunci gelar juara MotoGP 2016 di Sirkuit Motegi, Jepang, pekan lalu. Poin pembalap Spanyol itu tidak terkejar setelah berhasil finis pertama pada balapan tersebut.

Langkah Marquez semakin mulus karena dua rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang menjadi rival terdekatnya justru terjatuh. Meski masih menyisakan tiga seri lagi, Marquez yang telah mengoleksi 273 poin sudah tidak terkejar lagi. Pembalap berjuluk Baby Allien itu unggul 77 poin dari Rossi.

Tapi menurut legenda MotoGP, Randy Mamola, Marquez tidak mengalahkan Rossi di Jepang. Mamola mengatakan bahwa, pembalap asal Italia itu sudah kalah dari Marquez sejak pertengahan musim.

"Caranya menangangi kompetisi sejak awal hingga mendapat gelar sangat luar biasa. Dia sempat kesulitan dengan perubahan produsen ban dari Bridgestone ke Michelin. Bahkan, dia sempat kalah dari Yamaha dan Ducati," ucap Mamola di Motor Sport.

"Bila Lorenzo berhasil mengalahkan Rossi pada tahun 2015 di Valencia, Marquez sudah mengungguli Rossi sejak musim panas. Sejak saat itu, perubahan dan pengujian yang dilakukan Honda membuatnya tumbuh hingga berhasil menjadi juara di Motegi," katanya.

Lebih lanjut, Mamola mengatakan bahwa Marquez yang masih berusia 23 tahun lebih cepat mendeteksi masalah ketimbang Rossi dan Lorenzo. Legenda balap Amerika Serikat itu tampak sangat kagum dengan kedewasaan Marquez dalam mengambil tindakan.

"Marquez bersaing dengan Rossi dan Lorenzo, dua pembalap hebat sepanjang masa. Meski jauh lebih muda dari mereka dan melakoni balapan pertama dengan pengaturan yang buruk, ia membuat kesalahan lebih sedikit dari duo Yamaha," ujar Mamola mengakhiri.