Sukses

Messi Pesta Gol, Barcelona Gasak City

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi berpesta gol saat Barcelona hajar Manchester City 4-0 pada lanjutan Liga Champions di Camp Nou, Kamis (20/10/2016). Kemenangan ini membuat Barcelona kokoh berada di puncak klasemen sementara.

Barcelona melakukan sedikit eksperimen dengan memasukkan Javier Mascherano untuk gantikan Sergi Roberto di posisi bek kanan. Ini menjadi posisi baru bagi Mascherano.

Pengalamannya yang segudang membuat Mascerano mendapatkan kepercayaan dari pelatih. Namun bukan gol yang didapatkan Barcelona, malah Jordi Alba ditarik keluar karena cedera di menit ke-10.

Namun dominasi Barcelona berbuah hasil di menit ke-17. Berawal dari umpan back heel Luis Suarez, Messi mencetak gol setelah kecoh Bravo. Sebelumnya, Messi juga membuat Fernandinho mati langkah.

Unggul 1-0, Barcelona terus gempur City. Di menit ke-21, lagi-lagi kerjasama Messi dan Suarez membahayakan. Sayang, tembakan Suarez masih menyamping.

Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol ke gawang Manchester City pada laga Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Rabu (19/10/2016). (AFP/Lluis Gene)

City sendiri punya peluang emas saat Gundogan sukses menembus pertahanan Barcelona. Sayang tembakannya di menit ke-38 masih bisa ditepis kiper Marc Andre Ter Stegen.

Messi sempat membuka peluang lewat umpannya kepada Suarez di menit ke-45. Namun tembakan Suarez ditepis Bravo. Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan babak pertama usai.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Babak kedua berjalan panas. Di menit ke-53, Claudio Bravo lakukan blunder saat menepis bola di luar kotak penalti. Ini terpaksa dilakukannya kala menghalau bola tapi malah mengenai pemain Barcelona. Untunglah, tendangan bebas Messi belum berbuah gol.

Messi baru bisa menambah koleksi golnya di menit ke-61. Mendapatkan umpan Iniesta, Messi selesaikan tugas lewat tendangan kaki kiri.

Permainan City makin kacau saat Suarez mampu serobot bola. Dia lalu memberikan umpan tarik yang mampu diselesaikan Messi dengan mudah lewat kaki kiri. Ini menjadi hattrick kedua bagi Messi di Liga Champions musim ini.

Tensi pertandingan bertambah keras saat giliran bek Barcelona, Jeremy Mathieu yang diusir wasit. Dia terlalu keras jegal Sterling sehingga mendapatkan kartu kuning kedua.

Lionel Messi rayakan gol ke gawang Manchester City (Reuters / Albert Gea)

Barcelona kembali mendapatkan peluang di menit ke-82. Namun tendangan Neymar belum bisa maksimalkan umpan Rakitic. Di menit ke-87, Messi diganjal keras di kotak penalti. Ini membuat Barcelona mendapatkan penalti, tapi Neymar gagal cetak gol.

Uniknya di menit ke-89, Neymar membayar kesalahan lewat gol yang dicetaknya setelah menerima umpan Messi. Ini menjadi gol kedua bagi Neymar di Liga Champions musim ini. Skor pun berubah 4-0 untuk Barcelona dan bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.


Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Mascherano, Pique/ Mathieu (39), Umtiti, Jordi Alba/Digne (10); Rakitic, Busquets, Iniesta/Andre Gomes (80); Messi, Suarez, Neymar

Manchester City (4-2-3-1): Bravo;Zabaleta/ Clichy (57), Stones, Otamendi, Kolarov; Fernandinho, Gundogan/Aguero (80); Sterling, Silva, Nolito/Gael Clichy (57); De Bruyne