Sukses

Riedl Bakal Genjot VO2max Pemain dalam Pemusatan Latihan

Hanya Irfan Bachdim yang absen dalam TC Timnas Indonesia kali ini.

Liputan6.com, Jakarta - 25 Pemain seleksi tim nasional Indonesia akan berkumpul pada Kamis (20/10/2016) hari ini untuk melakukan pemusatan latihan (training centre) di Sleman Yogyakarta. Dalam TC kali ini, pelatih timnas Alfred Riedl fokus pada pemulihan kebugaran dengan melakukan pengukuran VO2 max pada pemain.

VO2 max adalah kapasitas maksimum tubuh untuk menyalurkan dan menggunakan oksigen atau O2 saat berolahraga secara intens, yang mencerminkan tingkat kebugaran fisik seseorang. Asisten pelatih timnas Indonesia memahami bahwa pemainnya kurang bugar karena dipanggil di sela-sela kompetisi.

"Fitnes pemain kurang, jadi TC ini kita akan tes VO2 max mereka lalu memberikan banyak latihan fisik," kata Pikal kepada Liputan6.com, pada Kamis (20/10) tadi pagi.

Pada pemusatan latihan kali ini, penyerang Irfan Bachdim absen lantaran masih menjalani pemulihan cedera hamstring sekitar satu pekan di Jepang. Dia mendapat cedera belakang paha tersebut ketika menjalani latihan bersama klubnya di J2 League, Hokkaido Consadole Sapporo.

Selain Bachdim, winger Andik Vermansyah dan gelandang Stefano Lilipaly juga dipastikan akan bergabung dengan skuat Merah Putih pada awal November. Keduanya langsung terbang ke Vietnam, tiga hari sebelum partai persahabatan Vietnam versus Indonesia digelar pada 9 November 2016.

"Jelas kami akan evaluasi tim ini, mulai dari per individu, per sektor dan tim keseluruhan. Semua pemain akan on time datangnya (hari ini), itu informasi terakhir," tutur Pikal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.