Sukses

Meraba Komposisi Pengurus Idaman Caketum PSSI

Masing-masing calon Ketua Umum PSSI punya kriteria tersendiri bagi calon pengurus ideal ke depannya.

Liputan6.com, Jakarta Calon-calon yang maju dalam bursa pencalonan ketua umum PSSI periode 2016-2020 terus bergerilya mencari simpatik para pemilik suara. Perombakan susunan pengurus di tubuh federasi sepak bola Tanah Air itu menjadi salah satu isu seksi yang diusung sebagai bagian dari pembenahan di tubuh PSSI sendiri.

Perombakan struktur kepengurusan hingga 75 persen, menjadi cita-cita calon Ketua Umum (Ketum) PSSI, Jenderal (Purn) TNI Moeldoko, jika terpilih sebagai pimpinan PSSI. Dalam menentukan figur-figur yang layak, Moeldoko akan menerapkan 3 R (recruit, retain, dan remove) sebagai landasannya dalam bekerja.

Lewat ‘Moeldoko Mendengar’, mantan Panglima TNI itu menegaskan akan melakukan perubahan besar-besaran dalam struktur kepengurusannya. Meski demikian, Moledoko tidak alergi dengan wajah lama. Sebaliknya, peran mereka yang paham sepak bola Tanah Air masih sangat dibutuhkan ke depannya.

“Saya akan merombak  komposisi pengurus PSSI dan melibatkan sampai 75 persen wajah-wajah baru. Hal itu saya lakukan dengan mengedepankan filosofi 3R. Dan setelah saya menjalankan program mendengar masukan-masukan dari berbagai elemen sepak bola Indonesia,” ungkap Moeldoko, Selasa (19/10).

Kandidat Ketua Umum PSSI, Moeldoko.

Perombakan besar-besaran yang dicanangkan Moeldoko sekaligus membantah rumor dirinya merupakan bagian dari status quo yang akan mempertahankan seluruh pengurus sebelumnya. Dia juga menampik tidak punya semangat nusantara. Sebaliknya, Moeldoko ingin menampung orang-orang dari berbagai wilayah Indonesia. Syaratnya, mereka punya kemampuan dan juga sejalan dengan visi dan misi Moeldoko.

"Dan saya akan tetap konsisten menjalankan slogan Football For All," kata Moeldoko.

Sementara itu, kandidat lainnya, Kurniawan Dwi Yulianto belum bersedia merinci seperti apa struktur kepengurusan yang diinginkannya. Namun legenda hidup timnas Indonesia itu secara tegas menjawab kriteria yang layak bekerja bersamanya bila terpilih sebagai ketua umum PSSI periode 2016-2020.

Kandidat Ketua Umum PSSI, Kurniawan Dwi Yulianto.

"Yang pasti harus orang-orang yang profesional di bidangnya," kata Kurniawan kepada Liputan6.com.

"Kita lihat saja nanti," ujarnya saat ditanya mengenai komposisi wajah lama dan baru di kepengurusannya.

Kurniawan selama ini dikenal aktif sebagai pengurus Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI). Jebolan PSSI Primavera itu memiliki visi dan misi yang sederhana, yakin sepak bola tanpa rekayasa. Kurniawan juga berjanji kepengurusan PSSI di bawah pimpinannya akan lebih fokus pada pembinaan usia muda.

Sebelumnya, kandidat kuat lainnya yang maju pada pemilihan Ketum PSSI, Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi, sempat mengungkapkan kriteria pengurus PSSI idamannya. Saat menyambangi Papua beberapa waktu lalu, Edy berjanji akan membenahi dan membawa sepak bola Indonesia ke jalan yang benar.

Caranya dengan menjadikan PSSI lebih profesional dan bermartabat. (Lihat berita lengkapnya di sini).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini