Sukses

FIM Batalkan Catatan Waktu Rossi di FP1 MotoGP Australia

Posisi Rossi diturunkan ke urutan ke-20.

Liputan6.com, Melbourne - Federasi Balap Internasional (FIM) resmi membatalkan catatan waktu tercepat kedua 1 menit 40.998 detik yang ditorehkan Valentino Rossi pada sesi latihan bebas alias free practice (FP) 1 MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Jumat (21/10/2016). Menurut laporan, kecepatan The Doctor dianggap tidak sah lantaran ia menggunakan ban super soft saat kondisi hujan lebih dari 10 lap.

"Valentino Rossi telah menggunakan 1008B Super Soft selama menjalani sesi latihan bebas lebih dari 10 lap. Sehingga ia dikenakan pembatalan waktu putaran selama FP1 digunakan secara ilegal," demikian pernyataan resmi FIM seperti dikutip Crash, Jumat (21/10/2016).

Akibat masalah itu, FIM terpaksa menurunkan posisi Rossi ke urutan ke-20. Ini bukan kabar yang bagus buat pemilik nomor 46 itu mengingat ia mempunyai catatan bagus selama mengaspal di MotoGP Australia.

Dengan keputusan itu, secara otomatis Danilo Petrucci yang sebelumnya menempati posisi ketiga naik ke urutan kedua begitu pun seterusnya.
(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini