Sukses

Rooney, Ikon MU yang Makin Terpinggirkan

Rooney perlahan mulai tak lagi jadi pemain penting di MU.

Liputan6.com, Jakarta- Wayne Rooney merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Pria Inggris ini sudah mencetak 246 gol dari 532 penampilan bersama Setan Merah. Rooney berada di urutan kedua daftar pemain tersubur sepanjang masa MU.

Pemain 30 tahun itu direkrut MU tahun 2004 dari Everton. Saat itu Rooney baru berusia 19 tahun. Sejak bergabung ke MU, Rooney selalu jadi sosok tak tergantikan di lini depan Setan Merah.

Pesona Rooney nampaknya mulai luntur semenjak Jose Mourinho berkuasa di Old Trafford menggantikan Louis van Gaal mulai musim panas lalu. Perlahan tapi pasti Rooney makin terpinggirkan.

Awalnya kehadiran Mourinho membawa angin segar bagi Rooney. Pria Portugal itu menjadikan Rooney tetap menjadi penyerang, dengan diduetkan bersama Ibrahimovic.

"Normal, pada usianya, bagi pesepakbola untuk mengubah sedikit tapi satu hal yang tidak akan pernah berubah adalah selera untuk memasukkan bola ke gawang," terang Mourinho dalam jumpa pers perdana sebagai manajer MU, Selasa (5/7/2016).
Mourinho mulai menganggap Rooney tak penting di MU (Reuters)
"Dia mungkin bukan pemain nomor 9 lagi tapi, bagi saya, dia tidak akan pernah menjadi pemain nomor 6. Dia tidak akan pernah berada 50 yard dari gawang. Ya, dia memiliki umpan yang bagus tapi saya juga memiliki umpan bagus bila tanpa tekanan."

Sayangnya saat musim mulai bergulir. Mourinho tidak menepati janjinya. Rooney tetap dijadikan gelandang serang. Di posisi barunya itu Rooney kurang bersinar.

Melihat Rooney tak bermain baik sebagai gelandang serang, Mourinho bukannya mengembalikannya menjadi striker namun malah mencadangkan Rooney. Sejak MU menelan tiga kekalahan beruntun, Rooney mulai akrab dengan bangku cadangan.

Mourinho lebih memilih menjadikan Paul Pogba sebagai motor serangan MU di lini tengah. Pasalnya bila main bareng Rooney, Pogba tidak mendapat kebebasan berkreasi dan lebih banyak bertahan. Akibatnya Pogba tak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya bila bermain lebih bertahan.
Rooney dan Paul Pogba (Reuters)
Sinyal mulai terkikisnya peran Rooney di MU semakin terlihat manakala tugas utamanya sebagai eksekutor penalti MU direbut Pogba saat MU melawan Fenerbahce di ajang liga Europa, Jumat (21/10/2016) dini hari WIB.

Pada laga yang dimenangi MU 4-1 itu, Rooney turun sebagai starter menggantikan Ibrahimovic sebagai penyerang tunggal. Biasanya bila Rooney main maka hadiah tendangan penalti menjadi miliknya. Namun saat bersua Fenerbahce, Pogba yang maju sebagai algojo. Hadiah penalti kedua MU juga diambil oleh Anthony Martial.

"Saya bilang pada Rooney kalau ingin mengambil penalti itu dan dia mengizinkannya. Saya tentu senang bisa mencetak gol dari penalti tersebut," kata Pogba seperti dilansir Mirror.

"Untuk pemain seperti Rooney, seorang kapten mengizinkan saya mengambil penalti. Tentu saya sangat menghormatinya. Saya senang dia melakukannya," ujarnya menambahkan.
Rooney diperkirakan dijual musim depan (Reuters)
Situasi ini membuat Rooney diperkirakan tidak akan bertahan lama di Old Trafford. Bukan tidak mungkin Rooney akan pindah musim depan. Suami Coleen ini kebetulan diminati klub-klub Tiongkok dan Amerika Serikat.

MU sendiri kabarnya juga sudah mulai mempertimbangkan menjual Rooney. Mereka konon ingin merekrut Antoine Griezmann dari Atletico Madrid musim depan. Griezmann diplot sebagai pengganti Rooney.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney