Sukses

Terpuruk di Kualifikasi MotoGP Australia, Rossi Salah Strategi

Rossi tampil buruk di sesi kualifikasi pertama MotoGP Australia, Sabtu (22/10/2016).

Liputan6.com, Melbourne - Valentino Rossi menilai kesalahan strategi memilih jenis ban depan jadi biang keladi kegagalannya tampil impresif di sesi kualifikasi MotoGP Australia di Sirkuit Philip Island, Sabtu (22/10/2016). Menurut pembalap Movistar Yamaha ini, akibat dari kesalahan tersebut, ban depan gagal menampilkan performa maksimal.

"Kami bermasalah dengan ban depan. Kami tidak bisa membuatnya tampil bagus sesuai dengan temperatur sirkuit. Saya dan Lorenzo, di kualifikasi ke-2, dia tak merasakan performa bannya," tutur Rossi seperti dilansir Motorsport.

Rossi tampil di luar dugaan pada sesi kualifikasi MotoGP Australia. Catatan waktu The Doctor kalah jauh dibanding dari para pembalap lain. Akibatnya, ia cuma mendapat kesempatan di kualifikasi sesi pertama dan harus start di posisi ke-15 pada balapan besok.

Rossi menambahkan, dia sempat ingin mengganti jenis ban dengan yang sedikit lebih keras (medium) untuk kedua ban. Tapi, motor yang menggunakan ban tersebut ternyata belum siap digunakan saat Rossi masuk ke pit.

"Ketika saya memulai kualifikasi pertama, temperaturnya 8 derajat dan banyak air. Jadi, masalahnya adalah untuk tetap melaju dengan motor saya sejak awal dan mencoba membuat yang terbaik," ujar Rossi.

"Tapi, sayangnya cuaca tiba-tiba kering. Saya berhenti dan berharap saya punya motor lain dengan ban depan yang lebih keras, tapi ternyata itu belum siap," kata Rossi mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini