Sukses

Preview MotoGP Australia: Cuaca Buruk Mengancam

Lorenzo dan Rossi gagal mencatatkan waktu ideal di latihan bebas dan kualifikasi.

Liputan6.com, Philip Island - Pembalap MotoGP kemungkinan akan menggantungkan nasibnya pada kondisi cuaca saat melakoni balapan di MotoGP Australia, Minggu (23/10/2016) siang WIB. Maklum, sejak sesi latihan bebas hingga kualifikasi terus mengguyur arena pacuan kuda besi dan masalah prakiraan cuaca telah menjadi topik hangat di paddock tim Pabrikan atau Satelit.

Akibatnya, sejumlah pembalap top MotoGP gagal mencatatkan waktu ideal pada balapan MotoGP ke-22 di Sirkuit Phillip Island. Sebut saja duo Yamaha yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Pada kualikasi yang berlangsung Sabtu (22/10/2016), Lorenzo hanya mampu berada di urutan ke-12. Sementara Rossi akan memulai balapan dari urutan 15.

Itu hari yang sulit buat tim Garpu Tala setelah melihat pembalapnya terjebak di luar sepuluh besar. Apalagi jika berbicara tentang Rossi, sebab ia adalah salah satu pembalap yang sudah mengoleksi banyak kemenangan di MotoGP Sirkuit Phillip Island.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari yang Aneh


Pasca kualifikasi Rossi menyebut dirinya belum menemukan perasaan yang tepat terkait penggunaan ban baik dalam kondisi basah maupun kering. "Ini hari yang aneh jika berbicara mengenai kondisi cuaca yang terus berubah-ubah," ujarnya.

Dia menambahkan, "Dan memulai balapan dari posisi ke-15 adalah sesuatu yang mustahil bisa memenangkan balapan. Tetapi kami akan mencoba untuk menemukan kecepatan," ungkap Rossi.

Curahan hati Rossi patut untuk dimaklumi. Sebab, ia tengah berjuang untuk mempertahankan posisi runner up dari ancaman rekan setimnya Lorenzo. Setelah Marc Marquez sukses mengunci gelar juara dunia ketiga di kelas utama pada gelaran balap seri 15 yang berlangsung di MotoGP Jepang, akhir pekan kemarin.

3 dari 3 halaman

Marquez Gemilang

Di balik penderitaan duo Yamaha, Marquez justru tampil gemilang di kualifikasi. Si Bayi Alien berhasil memulai balapan dari posisi terdepan setelah mencatatkan waktu tercepat di kualifikasi. Itu adalah prestasi terbaru yang diukir joki Honda di mana ia sejauh ini sudah mengumpulkan 65 pole position atau unggul satu dari Rossi dan Lorenzo.

Keberhasilan itu tak lepas dari kolaborasi pemikiran Marquez dengan mekanik dalam menentukan ban Michelin di kualifikasi. Jika dia mampu menemukan pilihan ban yang cocok maka bukan tidak mungkin dirinya bakal mempertahankan kemenangan di Negeri Kanguru.
(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.