Sukses

Start di Barisan Belakang MotoGP Australia, Rossi Pesimistis

Rossi sudah delapan kali mengukir kemenangan di Phillip Island.

Liputan6.com, Phillip Island - Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, mendapatkan hasil buruk pada sesi kualifikasi MotoGP Australia 2016. Ia akan memulai balapan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016), dari urutan ke-15.

Kondisi cuaca yang kerap berubah menjadi penyebab utama kegagalan Rossi menemukan kecepatan terbaiknya. Kondisi buruk itu sudah berlangsung sejak latihan bebas pertama. Itu yang membuat sesi latihan bebas kerap ditunda berulang kali.

Dalam kondisi cuaca seperti itu, pemilihan ban seorang pembalap sangat menentukan. Pembalap berpengalaman seperti Rossi pun mengaku kewalahan dengan cuaca tersebut. Karenanya, ia tak heran jika mendapatkan catatan waktu yang buruk pada kualifikasi.

"Kami tahu sangat menderita dalam kondisi seperti ini. Saya juga tak pernah cepat, termasuk dalam kondisi lintasan basah. Kami harus mempertaruhkan banyak hal. Saya sangat lambat hingga frustrasi karena tak mampu bersaing di barisan depan," ujar Rossi seperti dikutip Crash.

Sejatinya, Phillip Island adalah salah satu sirkuit favorit Rossi. Sepanjang kariernya, pembalap berusia 37 tahun itu sudah menorehkan delapan kemenangan di semua kelas. Kemenangan terkini didapat pada MotoGP Australia 2014.

"Kami tak tahu apakah bisa menjadi lebih kuat dan cepat. Kami akan mencoba memahami apa yang harus dilakukan terhadap motor. Bagi saya, datang ke tempat ini pada musim dingin adalah keputusan yang buruk. Tapi, kami berharap cuaca nanti bisa sedikit lebih baik," ungkap Rossi.

Tak hanya Rossi, rekan setimnya, Jorge Lorenzo, juga mendapatkan hasil buruk. Pembalap berjuluk X-Fuera itu akan memulai balapan dari urutan ke-12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini