Sukses

Perbandingan Nilai Transfer Chelsea Saat Permak MU

Jumlah akumulasi transfer MU 46,1 juta euro lebih besar dari Chelsea.

Liputan6.com, London - Chelsea dan Manchester United adalah dua tim Liga Inggris yang memiliki kekuatan finansial luar biasa. Mereka tak segan-segan menggelontorkan banyak uang hanya untuk merekrut seorang pemain.

Chelsea yang lebih dulu memperkenalkan slogan 'Prestasi Bisa Dibeli' dalam ranah sepak bola Inggris setelah diambil alih Roman Abramovich pada Juni 2003. Sejak itu, Chelsea menjadi klub yang gemar mendatangkan pemain berlabel bintang dengan harga tinggi.

Andriy Shevchenko adalah salah satu pemain bintang yang menginjakkan kaki di Stamford Bridge setelah direkrut dengan mahar tinggi. Ia dibeli dari AC Milan dengan biaya 35,3 juta euro. Kebijakan itu dilakukan Abramovich tanpa memperhitungkan kondisi finansial klub.

Tak heran jika Chelsea dinyatakan rugi hingga 165 juta euro di akhir Juni 2005. Sejak itu pula Chelsea menjadi klub yang tak pernah meraup keuntungan hingga 2010. Namun, semua yang dilakukan Abramovich tak sia-sia.

Berkat kekuatan uangnya, The Blues kini menjadi klub yang begitu disegani di Inggris dan Eropa. Total, sudah empat gelar Liga Inggris, lima Piala FA, tiga Piala Liga, tiga Community Shield, satu Liga Champions, dan satu Piala UEFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ubah Tradisi

Manchester United yang sebelumnya kerap menghasilkan pemain bintang dari akademinya kini mulai mengikuti jejak Chelsea. Perubahan kebijakan transfer mereka semakin terlihat setelah Jose Mourinho datang ke Old Trafford pada musim panas 2016.

Gelandang Chelsea, Pedro melakukan selebrasi usai mencetak gol kegawang MU pada Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris (23/10). Chelsea menang atas MU dengan skor akhir 4-0. (Reuters/Eddie Keogh)

Jika sebelumnya mereka sempat menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai pemain termahal di dunia saat dijual ke Real Madrid pada musim panas 2009, kini Setan Merah justru mencetak rekor transfer pembelian termahal di dunia. Mereka memulangkan Paul Pogba dari Juventus dengan tebusan hingga 105 juta euro.

Bahkan, akumulasi nilai transfer mereka sudah melampaui Chelsea saat kedua tim bertemu pada pekan kesembilan Liga Inggris 2016/2017 di Stamford Bridge, Minggu (23/10/2016). Jika dihitung dari starting IX dan pemain pengganti, akumulasi nilai transfer MU mencapai 392,3 juta euro.

Angka itu jauh lebih besar dari akumulasi nilai transfer pemain Chelsea yang mencapai 346,2 juta euro. Jika Pogba menjadi pemain termahal MU, pemain termahal Chelsea adalah Diego Costa dan Eden Hazard yang dibeli dengan biaya 40 juta euro.

Meski jauh lebih mahal, terbukti kekuatan uang MU tak mampu menandingi Chelsea. Ketika wasit Martin Atkinson meniup peluit tanda pertandingan berakhir, papan skor menunjukkan keunggulan 4-0 The Blues atas The Red Devils.

3 dari 3 halaman

Rincian Nilai Transfer

Chelsea

Thibaut Courtois: 9 juta euro
Gary Cahill: 8,4 juta euro
David Luiz: 38,5 juta euro
Cesar Azpilicueta: 8,8 juta euro
Marcos Alonso: 23 juta euro
Victor Moses: 11,5 juta euro
Nemanja Matic: 25 juta euro
Eden Hazard: 40 juta euro
Pedro Rodriguez: 30 juta euro
N'Golo Kante: 38 juta euro
Diego Costa: 40 juta euro
Pengganti
Nathaniel Chalobah: Akademi
Willian: 35 juta euro
Michy Batshuayi: 39 juta euro
Total: 346,2 juta euro

Manchester United

David De Gea: 20 juta euro
Chris Smalling: 8 juta euro
Eric Bailly: 38 juta euro
Antonio Valencia: 18,9 juta euro
Marouane Fellaini: 32,4 juta euro
Daley Blind: 18,3 juta euro
Ander Herrera: 37 juta euro
Paul Pogba: 105 juta euro
Jesse Lingard: Akademi
Zlatan Ibrahimovic: Gratis
Marcus Rashford: Akademi
Pengganti
Juan Mata: 44,7 juta euro
Marcos Rojo: 20 juta euro
Anthonty Martial: 50 juta euro
Total: 392,3 juta euro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba