Sukses

Rossi Dedikasikan Podium MotoGP Australia bagi Mendiang Super Sic

Sukses Rossi di MotoGP Australia bertepatan dengan meninggalnya Simoncelli, lima tahun lalu.

Liputan6.com, Philip Island - Valentino Rossi mendedikasikan podium kedua di MotoGP Australia 2016 untuk keluarga mendiang Marco Simoncelli. Balapan MotoGP 2016  seri ke 16 akhir pekan kemarin, memang bertepatan dengan lima tahun kematian Super Sic, julukan Simoncelli di Sepang, Malaysia.

"Hari ini tepat lima tahun lalu sejak Sic (Simoncelli) meninggalkan kita semua. Podium ini untuk dia dan keluarganya. Saya pikir itu adalah cara yang baik untuk mengingatkan dia," ujar Rossi seperti dikutip GPOne, Senin (24/10/2016).

Seperti diketahui, di MotoGP Australia, Rossi menduduki posisi kedua di bawah Cal Crutchlow. Sukses itu membuat peluang Rossi untuk menutup musim di posisi kedua, di bawah Marc Marquez terbuka lebar.

Kini, dia hanya bersaing dengan rekan setimnya di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo. Saat ini, Rossi unggul 24 poin.

Seluruh pembalap di dunia berduka pada 23 Oktober 2011 ketika Simoncelli kehilangan nyawanya di Sirkuit Sepang. Simoncelli, 24, jatuh pada lap kedua setelah tak mampu mengendalikan kendaraannya saat berebut posisi empat.

Nahasnya, ketika itu, di belakang Simoncelli ada Colin Edwards dan tabrakan pun tak terhindarkan. Edwards terlihat berusaha mengerem kendaraan tapi gagal, sedangkan Rossi yang sempat oleng berhasil mengendalikan Ducatinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Tertolong

Ketika petugas medis menolongnya, Simoncelli yang memperkuat tim Honda Gresini tak sadarkan diri. Dan, saat berada di dalam ambulance, detak jantungnya berhenti, sehingga petugas medis melakukan cardiac pulmonary resuscitation (CPR), teknik pertolongan pertama pada korban untuk menormalkan detak jantung.

Tapi usaha yang dilakukan tim medis tak membuahkan hasil. Akibatnya, Simoncelli dinyatakan meninggal dunia. Sejak kematiannya seluruh pembalap selalu menyempatkan diri untuk menyampaikan rasa kangennya melalui akun media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.