Sukses

Kekalahan dari Chelsea Buka Borok Pertahanan MU

Lini belakang MU sangat lemah dan butuh perbaikan di bursa transfer musim dingin nanti.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United harus menelan malu di pekan kesembilan Liga Premier Inggris. The Red Devils dipermak tuan rumah Chelsea empat gol tanpa balas di Stamford Bridge akhir pekan kemarin.

Kekalahan telak ini sekaligus mengungkap borok di pertahanan Setan Merah. Ya, lini belakang MU sangat rapuh dan perlu pembenahan menyeluruh secepatnya oleh manajer Jose Mourinho.

Saat dipermalukan Chelsea, pertahanan MU dihuni oleh Antonio Valencia, Daley Blind, Chris Smalling dan Eric Bailly. Nama terakhir tak bisa menyelesaikan pertandingan karena cedera sehingga digantikan Marcos Rojo.

Dalam pertandingan tersebut, para pemain bertahan MU banyak membuat kesalahan sendiri. Contohnya pada gol pertama Chelsea yang dicetak Pedro Rodriguez. Eks pemain Barca itu bisa mencetak gol saat laga belum genap semenit.

Pedro memanfaatkan kesalahan komunikasi antara Smalling, Bailly dan kiper David De Gea. Pertahanan MU juga dengan mudah diperdaya oleh pemain Chelsea seperti Eden Hazard dan Ngolo Kante pada gol ketiga dan keempat The Blues.

"Memulai dengan hal buruk setelah 30 detik kami tertinggal. Kami nyaris menyamakan skor. Kami membuat kesalahan dan mereka mencetak gol kedua," jelas Mourinho, seperti dilansir BBC.
Pedro Jebol Gawang MU saat laga belum genap semenit.
"Kami membuat kesalahan dalam bertahan dengan luar biasa, kesalahan individu yang akhirnya Anda harus membayarnya untuk itu," ucap mantan pelatih Real Madrid ini.

Tak hanya di laga melawan Chelsea, secara keseluruhan pertahanan MU sangat keropos musim ini. Buktinya mereka sudah kemasukkan 12 gol di Liga Inggris 2016/2017. MU menjadi tim penghuni delapan besar dengan pertahanan terburuk. Bandingkan dengan Tottenham Hotspur yang baru kemasukkan empat gol dari sembilan laga.
Smalling tampil buruk saat melawan Chelsea (Reuters)
Berkaca pada kinerja pertahanan The Red Devils dalam sembilan laga awal, Mourinho pastinya bakal menyesali kegagalan mendatangkan bek baru di bursa transfer musim panas lalu.

Saat itu Mourinho sempat ingin merekrut palang pintu Southampton Jose Fonte. Sayangnya usaha pria Portugal itu menemui jalan buntu. Soton tidak mau melepas Fonte.

Fonte diincar Mourinho untuk diduetkan dengan Bailly di jantung pertahanan MU. Mourinho membidik Bailly karena tidak yakin dengan Smalling, Rojo atau Blind untuk mendampingi Bailly.
Fonte sempat diincar Mourinho musim panas lalu (Reuters)
Dengan banyaknya gol yang bersarang ke gawang De Gea, Mourinho nampaknya akan kembali belanja pemain Januari nanti. Posisi pemain belakang dan gelandang bertahan yang jadi perhatian utama.

Ada beberapa pemain belakang yang jadi incaran Mourinho. Fonte tetap bakal dibidik bulan Januari nanti. Kandidat lain antara lain Leonardo Bonucci (Juventus) dan Reece Oxford (West Ham United).
Florenzi termasuk salah satu bek kanan yang diincar MU (Reuters)
Pos bek kanan juga akan diperbaiki Mourinho. Joao Cancelo (Valencia), Alessandro Florenzi (AS Roma) dan Fabinho (AS Monaco) masuk radar Mourinho. Musim ini Mourinho hanya mengandalkan Antonio Valencia di pos bek kanan.

MU sebenarnya masih punya Matteo Darmian di pos bek kanan. Namun Mourinho tidak percaya dengan Darmian. Pemain Italia itu lebih sering dicadangkan oleh Mourinho dan kemungkinan akan dijual musim dingin nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Formasi