Sukses

Kerja Keras Gunawan Berbuah Panggilan Timnas

Performa Gunawan bersama Macan Kemayoran memang terus mengalami grafik meningkat.

Liputan6.com, Jakarta- Kerja keras Gunawan Dwi Cahyo di ajang Torabika Soccer Championship 2016, presented by IM3 ooredoo berbuah manis. Pasalnya, sempat tak terpakai di awal musim bersama Persija Jakarta, Gunawan kini masuk dalam 40 nama pemain tim nasional Indonesia yang didaftarkan ke Piala AFF 2016.

Performa Gunawan bersama Macan Kemayoran memang terus mengalami grafik meningkat. Pemain berposisi bek tengah itu bahkan saat ini menjadi pemain utama Persija di lini pertahanan, menyingkirkan Maman Abdurahman yang lebih sering bermain sebagai gelandang.

Tak sampai disitu, Gunawan juga berada di daftar teratas daftar top scorer Persija dengan torehan empat gol. Mantan pemain timnas U-23 ini mampu mengungguli Greg Nwokolo (3 gol), Ramdani Lestaluhu (2 gol) dan Ade Jantra (2 gol).

Raihan ini tentu sangat fantastis mengingat Gunawan bukanlah pemain berposisi sebagai striker melainkan pemain belakang. Menariknya, jika mundur lagi ke belakang, kondisi yang dialami Gunawan sekarang sangat jauh berbanding terbalik.

Di era Paulo Camargo, Gunawan bukanlah pilihan pertama dalam skema permainannya. Camargo lebih senang menduetkan Maman Abdurahman dan William Pacheco di posisi bek tengah.

Hal itu dibuktikan setelah dalam dua laga awal, Gunawan tak sekali pun mencicipi menit bermain di lapangan. Baru pada pekan ketiga ketika melawan Persela Lamongan, Gunawan mendapatkan kesempatan bermain usai diturunkan Camargo, itu pun pada menit ke-90.

Setelah itu pada tiga pertandingan selanjutnya saat melawan Perseru Serui, Barito Putera dan PS TNI, Gunawan kembali harus duduk di bangku cadangan tanpa sekalipun diberi kesempatan bermain.

Bak gayung bersambut, pada pekan selanjutnya, William Pacheco mendapatkan kartu merah ketika berhadapan dengan Arema Cronus. Kesempatan ini membuat Gunawan dimasukkan pada menit ke-45 dan mampu tampil apik. Laga ini merupakan titik awal kebangkitan Gunawan bersama Klub Ibukota.

Saat dimainkan kontra Gresik United, Gunawan sukses memborong dua gol untuk membantu Persija terhindar dari kekalahan dengan skor akhir 2-2 di Stadion Tri Dharma.

Performa menawan Gunawan kembali terulang ketika Persija menjamu Perseru Serui di Stadion Manahan, Solo pada pekan ke-21 TSC 2016. Di laga yang berakhir dengan skor 2-1 itu, eks-pemain Mitra Kukar itu mencetak gol kemenangan Persija pada menit ke-83.

Keberhasilan Gunawan membuktikan diri tampaknya tak luput dari pantauan pelatih timnas Alfred Riedl. Pelatih asal Austria itu pun memasukkan Gunawan dalam 40 pemain timnas proyeksi Piala AFF.

Kendati demikian, Gunawan tetap harus bekerja keras dan terus menampilkan permainan apiknya bersama Persija tiap pekannya. Pasalnya, dia akan bersaing ketat dengan bek-bek hebat lain seperti Manahati Lestusen (PS TNI), Rudolof Yanto Basna (Persib), Fachruddin Wahyudi (Sriwijaya FC), Dominggus Fakdawer (Persipura), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera) dan Dedi Gusmawan (Mitra Kukar) untuk memperebutkan tempat di skuat Garuda.

Langkah pertama yang harus dilakukan Gunawan adalah kembali menunjukkan performa baik ketika Persija menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Manahan, Solo pada lanjutan pekan ke-26 TSC 2016, Minggu (30/10/2016). Lantas mampukah Gunawan menjaga kestabilan permainannya dan mendapatkan satu tempat di Timnas Indonesia? Menarik ditunggu.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.