Sukses

Inilah 3 Tim Jago Tandang di TSC 2016

Meski tampil di kandang lawan, mereka kerap mampu membungkam tim tuan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo bisa dibilang sangat sengit dan tak bisa ditebak. Ini dibuktikan kala tim-tim yang bertandang ke markas lawan malah bisa sukses meraih poin penuh.

Sebuah tim ketika bermain di kandang lawan, biasanya kerap mengalami kekhawatiran. Maklum saja, mereka tak hanya menghadapi 11 pemain tuan rumah, pun ribuan pendukung tuan rumah. Teror dan tekanan yang dilancarkan suporter kerap membuat tim tamu menjadi keder.

Selain itu, bermain di kandang sendiri, tuan rumah selalu tampil ngotot dan penuh percaya diri. Dukungan pemain ke-12 yakni pendukung sejati kerap membuat semangat para pemain berlipat-lipat. Tim tamu, bakal tak mudah meraih kemenangan dalam laga tandang.

Selain faktor "teror" suporter tuan rumah, kelelahan terkadang membuat para pemain tim tamu tak tampil maksimal. Maklum, di Indonesia, banyak tim yang harus menempuh perjalanan melelahkan ketika bermain di kandang lawan.

Untuk itu, Liputan6.com mencoba menyimpulkan tiga tim yang punya rasio kemenangan tandang terbanyak. Mereka kerap mampu membungkam tim tuan rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC bisa dibilang jadi tim yang paling banyak meraih poin di kandang lawan. 11 pertandingan tandang sudah mereka jalani sejauh ini.

Raihan mereka juga cukup mengilap. Total, enam laga di antaranya sukses direbut oleh Bhayangkara FC dengan kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kalah.

Artinya, 20 dari 43 poin yang diraih Bhayangkara FC direbut di kandang lawan. Catatan golnya juga lumayan apik 18 gol dari 11 laga tandang jadi bukti, yang artinya Bhayangkara FC raih 1,64 gol per laga tandang.

Apalagi, mereka punya rekor menarik kala bertanding di kandang lawan, yakni kala menang dengan skor 4-0 di kandang Sriwijaya FC pekan ke-21 lalu. Bhayangkara FC menjadi tim pertama yang mengalahkan Sriwijaya di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

3 dari 4 halaman

Persipura Jayapura

Tim asal Papua ini juga dikenal mengerikan di markas lawan. Bukan tanpa alasan, Mutiara Hitam kerap bikin malu lawannya di kandang sendiri.

Sejauh ini, Persipura sudah menjalani 13 laga tandang. Mereka hanya kalah empat pertandingan, dengan catatan lima kemenangan dan empat hasil imbang.

Ini berarti 19 dari 43 poin yang diraih Persipura diraih di luar Stadion Mandala. Mutira Hitam juga sulit dibobol. Terbukti mereka sudah enam kali tanpa kebobolan dalam laga tandangnya.

Baru kemasukan 10 gol jadi buktinya. Sebab, ini artinya Persipura hanya kebobolan 0,77 gol per laganya. Faktor ini yang bikin mereka melesat di tiga besar klasemen.

4 dari 4 halaman

Madura United

Tim kejutan di TSC 2016 ini bisa berada di puncak klasemen tak lepas dari keganasan mereka saat bermain tandang. Dari 12 lawatan ke kandang lawan, tim asuhan Gomes de Oliveira tersebut mampu menang 5 kali, 4 kali seri, dan 3 kali kalah.

Kemenangan-kemenangan Laskara Sape Kerrab terjadi di kandang PS TNI, Bhayangkara FC, Gresik United, dan Persija Jakarta. Kemenangan terbesar adalah melawan Persija dengan skor 3-0. Hanya saja, saat itu Persija menggunakan Stadion Gelora Bangkalan sebagai kandang untuk menjamu Madura United.

Menengok statistik, Madura United juga mengoilap. Mereka berhasil memasukan 14 goln dari 12 tandang. Ini berarti minimal, Madura United menorehkan 1,17 gol per laga tandangnya.

Madura United juga sudah empat kali tanpa kebobolan. Namun, soal kemasukan, mereka sudah 19 kali jebol. Ini berarti 1,25 gol tiap laganya bersarang di gawang Hery Prasetyo.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini