Sukses

Terungkap, Ini Upah Raiola dari Penjualan Pogba ke MU

Berlabel pemain termahal di dunia, Pogba malah belum memenuhi ekspektasi MU.

Liputan6.com, Manchester - Super agen Mino Raiola telah dilaporkan mendapatkan keuntungan besar dari hasil penjualan Paul Pogba ke Manchester United. Direktur Umum Juventus Giuseppe Marotta pun menegaskan kabar tersebut.

Raiola disebut-sebut sebagai agen paling beruntung di dunia. Bagaimana tidak, ia mewakili sejumlah pemain bintang yang masuk dalam bursa transfer musim panas 2016. Mulai dari Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan, hingga Pogba.

Seperti diketahui, peran Raiola dalam kepindahan Pogba ke MU sangat besar. Ia pun sempat terlibat negosiasi yang alot dengan pihak Juve dan MU. Hal itu bisa terlihat dari drama tarik ulur transfer Pogba.

Pada akhirnya, MU harus merogoh kocek hingga 110 juta euro untuk memulangkan Pogba ke Old Trafford. Namun, tak semua biaya transfer masuk ke kantong pihak Juve. Itu karena ada biaya yang harus disetor Juve kepada Raiola.

Dari 11 pertandingan, Paul Pogba baru menyumbangkan 3 gol untuk Manchester United. (Reuters/Jason Cairnduff)

"Kami mendatangkan Pogba dari MU dengan biaya 1,5 juta euro dan memulai prosedur hukum agar klub lamanya (MU) tidak menunda pendaftaran. Perjanjian dengan pemain mengeluarkan sejumlah biaya untuk kegiatan yang dilakukan agen dan penasehat," kata Marotta seperti dikutip Soccerway.

"Hal ini menyebabkan laba sebesar 95 juta euro, di mana 27 juta euro dibayarkan kepada Raiola dan perusahaannya. Dengan biaya tersebut, laba bersih kami dari transfer Pogba adalah 72 juta euro."

Nilai transfer tersebut membuat Pogba kini berlabel sebagai pemain termahal di dunia. Ia melampaui nilai transfer Gareth Bale saat direkrut Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada musim panas 2013 dengan biaya 100 juta euro.

Sayang, penampilan Pogba bersama MU di musim 2016/2017 belum memenuhi ekspektasi. Dari 11 pertandingan, baru tiga gol yang bisa disumbangkan pemain berusia 23 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Mino Raiola

Video Terkini