Sukses

3 Dosa Mourinho yang Bikin MU Terpuruk Musim Ini

Mourinho kerap tidak hadir di lapangan selama sesi latihan dengan para pemain.

Liputan6.com, Manchester - Penampilan Manchester United di Liga Inggris musim 2016/2017 masih tetap kurang meyakinkan. Terakhir, tim Setan Merah dipermalukan Chelsea setelah menelan kekalahan telak 0-4.

MU saat ini terpuruk di posisi tujuh klasemen sementara. Mereka tertinggal enam poin dari Manchester City yang memuncaki klasemen.

Melihat performa MU yang buruk ini, banyak kalangan mempertanyakan lagi polesan manajer anyar Jose Mourinho. Padahal, harapan besar ditujukan kepada pelatih asal Portugal ini, yang didapuk untuk menggantikan manajer sebelumnya, Louis van Gaal.

MU pun tak tanggung-tanggung mengikat Mourinho dengan kontrak selama tiga musim dan memiliki opsi perpanjangan satu musim hingga 2020.

Legenda MU, Eric Cantona, bahkan percaya Mourinho bisa mengantarkan MU sebagai juara Premier League musim ini. MU terakhir kali menjadi juara pada tahun 2013 ketika masih ditangani Sir Alex Ferguson.

Namun, faktanya Mourinho belum juga mampu membawa MU memuncaki klasemen sementara. Karena itu, beberapa pihak mulai meragukan kemampuan Mourinho melaltih MU. Berikut tiga kesalahan Mourinho yang membuat performa MU terpuruk:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Metode Latihan

Mourinho mendapat "hukuman" setimpal dari para pemain MU karena menerapkan metode latihan yang masih kelewat asing bagi penggawa skuat Iblis Merah.

Pertama, menurut pengamatan mereka, Mourinho banyak menerapkan metode latihan yang berbeda selama bertahun-tahun. Sebagaimana dikutip dari laman caughtoffside, mantan pelatih Real Madrid ini kerap menggunakan kemarahan, bersikap sarkastis, kegembiraan dan kemuraman.

Bahkan, seperti dilansir The Sun, metode latihan yang diberikan Mourinho sangat keras dan melelahkan. Bahkan, Mou ini meminta para pemain MU untuk melakoni sesi latihan ganda agar dapat mendapatkan kondisi terbaik.

Mourinho percaya pentingnya sebuah persiapan dan ingin membawa MU kembali ke era keemasan. Karena itu, semua metodenya sudah direncanakan dengan teliti.

3 dari 4 halaman

Jarang Hadir

Kedua, Mourinho memiliki kebiasaan kerapkali tidak hadir di lapangan selama sesi latihan dengan para pemain. Mourinho hanya berteriak dari luar lapangan.

Mourinho dikabarkan lebih sering bekerja dari ruang kantornya, dan memberi keleluasaan kepada asistennya, Rui Faria, untuk memimpin sesi latihan bersama dengan tim utama.

Sikap Mourinho yang memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktunya dengan menonton sesi latihan dari kantornya, tentunya telah membuat para pemainnya kecewa.

Para pemain Setan Merah disebut-sebut prihatin dengan kurangnya perhatian Mourinho dan ikatan antara pemain serta pelatih sebagai sebuah tim.


4 dari 4 halaman

Keputusan

Ketiga, Mourinho tidak jarang hanya "mengamati jalannya" latihan dari kejauhan. Dia tampak enggan mengambil keputusan. Para pemainnya dibiarkan mengambil keputusan, seperti menjalang laga melawan Manchester City, Rabu malam waktu setempat (26/10/2016).

Mourinho juga disebut-sebut selalu mengurung diri dari para pemain yang seharusnya tetap mendapat binaannya walaupun mereka tampil tak memuaskan di akhir pekan lalu

Mourinho dikabarkan pula lebih sering berkutat di kantornya dan bahkan pergi dari Carrington untuk beberapa urusan, hingga jarang menghadiri sesi latihan.

Sikap ini berbeda ketika Mourinho menangani sesi latihan di Chelsea. Dia secara langsung dan berkomunikasi dengan para pemain. Namun di United, sang manajer merasa cukup dengan mengawasi para pemain dari kejauhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini