Sukses

Marcel Sacramento, Mesin Gol Semen Padang Eks Liga Swedia

Semen Padang punya mesin gol anyar, Marcel Silva Sacramento.

Liputan6.com, Padang - Semen Padang di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo berhasil mencetak 33 gol hingga pekan ke-5. Dari jumlah itu, sebanyak 16 gol dihasilkan oleh satu pemain saja yakni bomber Marcel Silva Sacramento. Artinya bomber berpaspor Brasil itu berkontribusi sebesar 48,5% dari total gol Kabau Sirah - julukan Semen Padang.

Pertama kali tampil di pentas sepak bola Indonesia, Sacramento memang langsung tampil gemilang. Dia seolah telah mengenal betul karakter permainan tim-tim di Tanah Air sehingga dengan mudah membobol gawang lawan.

Sacramento mengaku sebagai bomber, hal yang paling utama adalah bekerja keras. Di manapun dia bermain, andai bekerja keras akan bisa mendapat hasil terbaik. Benar, setiap dia turun ke lapangan, Sacramento penuh determinasi tinggi. Hal itu membuat dia seolah akrab dengan gawang lawan.

Statistik membuktikan bahwa Sacramento merupakan predator di kotak penalti sesungguhnya. Selain mencetak 16 gol, dia pun mampu mengemas 4 assist. Dia memiliki akurasi tembakan mencapai 60%. Selain itu, Sacramento yang asli Brasil identik dengan dribel yang aduhai dan mampu melakoni dribel sukses hingga 54%.

Siapakah Sacramento? Meski baru pertama kali berkiprah di Indonesia, dia sudah melanglang buana ke sejumlah negara. Selain Brasil, Sacramento sempat bergabung bersama klub Jepang, Albirex Nigata. Kariernya semakin mengilap ketika dia dikontrak klub Swedia yang berkiprah di kasta tertinggi Liga Swedia, Kalmar FF.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Penyerang Murni

Kini, dia telah menjadi idola baru Kabau Sirah - julukan Semen Padang. Putusan pelatih Semen Padang, Nilmaizar, menjadikan dia sebagai penyerang murni sangatlah tepat. Dia mampu tampil tajam dan menakutkan. Seperti diketahui, posisi asli Sacramento adalah gelandang serang.

Keberhasilan Sacramento tampil apik bersama Semen Padang tak lepas dari rasa cinta dia ke klub dan suporter. Itu membuat dirinya bisa bermain dengan kemampuan terbaik. Sampai-sampai, Sacramento ingin mengikuti jejak rekan sesama Brasil yang menjadi idola di Semen Padang sebelumnya yakni Antonio "Toyo" Claudio dan Carlos Renato.

Di sempat kaget ketika pertama kali bermain di Indonesia. Gaya sepak bola di Indonesia disebutnya sangat jauh berbeda dibanding di negaranya. Wasit seolah membiarkan pelanggaran-pelanggaran kecil. Tapi, dia mulai sadar itu adalah salah satu gaya sepak bola Indonesia dan berusaha untuk beradaptasi.

Seiring perjalanan waktu, Sacramento berhasil padu dengan permainan sepak bola Indonesia. Bahkan, dia berharap bisa bertahan lama di tim Kabau Sirah. Dia ingin memperkuat Semen Padang selama beberapa musim lagi ke depan. Salah satu alasannya adalah mulai jatuh hati dengan Indonesia.

Profil singkat

Nama lengkap: Marcel Silva Sacramento
Lahir: Vera Cruz (Brasil), 24 Agustus 1987
Posisi: Striker
Klub: Semen Padang
Karier Klub:
2005: Albirex Niigata
2006: Bahia
2007: Ceara
2008-2011: Kalmar FF
2009: Jonkopings Sodra IF (pinjam)
2012-2013: America Futebol Clube
2013-2014: Guarany de Sobral
2014-2016: Jecuipense
2014-2016: Globo
2016: Jecuipense
2016-...: Semen Padang

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini