Sukses

Pembalap Punya Banyak Pilihan Ban di MotoGP Malaysia

Produsen menyiapkan berbagai jenis ban untuk berbagai jenis cuaca di MotoGP Malaysia.

Liputan6.com, Sepang - Michelin selaku pemasok ban MotoGP akan memanjakan pembalap selama tampil pada seri terakhir Asia di MotoGP Malaysia, akhir pekan ini. Valentino Rossi dan kawan-kawan dipastikan memiliki banyak pilihan jenis untuk berebut jadi yang terbaik di trek balap.

Piero Taramasso, manajer Michelin, mengklaim pihaknya sudah mengumpulkan banyak data setelah sejumlah tes uji coba dilakukan di Negeri Jiran. Mereka melakukan pengujian pertama pada 1-3 Februari lalu.

Ketika itu, pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, keluar sebagai yang tercepat sebanyak dua kali dari tiga hari tes pramusim di Sepang. Pengujian ban Michelin kedua kembali dilangsungkan pada Juli lalu.

Berbeda dengan tes pertama, pengujian kali ini diganggu dengan kondisi cuaca yang buruk dan hujan. Sehingga sebagian pembalap kurang mendapatkan perasaan yang tepat pada aspal baru.

"Sepang adalah perlombaan terakhir seri Asia, tapi kami tidak akan mengambil semua hal dengan mudah. Kami sudah melakukan beberapa pengujian di sana pada Februari lalu, dan masih ada data yang kurang relevan," jelas Taramasso seperti dikutip MCN, Selasa (25/10/2016).

Dia menambahkan, "Kami pun melakukan pengujian kedua di pertengahan musim. Jadi kami telah memiliki dasar untuk memulai balapan akhir pekan ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asimetris untuk Ban Belakang

Rencananya, Michelin akan membawa ban soft, medium, dan hard untuk bagian depan. Sementara ada banyak pilihan bagi pembalap untuk memilih ban belakang.

Pasalnya, Michelin sudah menyiapkan belakang asimetris dengan senyawa menengah yang baik dan keras. Sedangkan untuk kondisi hujan, Michelin sudah menyediakan ban lembut dan menengah.

"Sirkuit ini memiliki dua trek lurus dan ada beberapa zona pengereman, sehingga stabilitas bagian depan sangat penting di Sepang," ujar Taramasso. "Sirkuit ini juga bisa mencapai suhu yang sangat tinggi dan kami harus mengambil semua perbedaan menjadi pertimbangan sebelum memutuskan alokasi ban minggu ini."

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini