Sukses

8 Fakta Menarik MotoGP Malaysia 2016

Di MotoGP Malaysia juga akan terjadi persaingan seru antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Liputan6.com, Sepang - Gelaran MotoGP Malaysia 2016 akan berlangsung pada Minggu (40/10/2016) siang WIB. Ini merupakan tahun ke-26 keikutsertaan Negeri Jiran sebagai tuan rumah grand prix sepada motor.

Berbagai fakta dan data menandai perjalanan pembalap di sirkuit yang memiliki panjang 5,5 km tersebut. Di MotoGP Malaysia juga akan terjadi rivalitas seru antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Adapun Dani Pedrosa akan tampil dengan menyandang status sebagai juara bertahan di Sirkuit Internasional Sepang. Pembalap Repsol Honda itu memenangkan seri 17 di musim lalu setelah terjadi drama tendangan "kungfu" Rossi kepada Marquez saat persaingan perburuan tempat pertama terjadi di Sepang.

Berikut ini delapan fakta menarik seputar MotoGP Malaysia 2015

1. Gelaran MotoGP tahun ini, merupakan ke-26 kalinya Malaysia menggelar balapan Grand Prix. GP Malaysia pertama digelar di Sirkuit Shah Alam pada tahun 1991 hingga 1997. Pada tahun 1998, event ini berpindah ke Sirkuit Johor. Namun sejak tahun 1999 hingga kini GP Malaysia di gelar di Sirkuit Sepang.

2. Yamaha merupakan konstruktor paling sukses di Sirkuit Sepang, Malaysia dengan mengoleksi lima kemenangan. Pembalap Ducati secara total meraih tiga kemenangan, sementara Honda hanya pernah meraih satu kemenangan.

3. Kemenangan Marc Marquez pada 2014 menandai kebangkitan Honda yang tidak sekalipun berhasil memenangi balapan kelas MotoGP di Sirkuit Sepang sejak Valentino Rossi meraih kemenangan di sana pada 2003 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekor Pedrosa

4. Pole position pertama di kelas grand prix dicetak Jeremy McWilliams (KR Proton) di kelas 500cc pada 26 tahun lalu. Itu adalah pole pertama Bridgestone di kelas balap motor tertinggi.

5. Kemenangan Dani Pedrosa di Sepang pada 2015 adalah ke-20 kalinya ia menapaki podium tertinggi di kelas MotoGP. Jumlah tersebut menyamai rekor Freddie Spencer yang merupakan dua kali juara GP500.

6. Hasil terbaik tim Suzuki di Sirkuit Internasional Sepang adalah berada di urutan kelima pada 2010 yang dicetak oleh Alvaro Bautista.

7. Pembalap paling sukses di sirkuit Sepang adalah Valentino Rossi dengan enam kemenangan GP (1 x 500cc, 5 x MotoGP). Tapi sejak 2010, The Doctor belum pernah menang di Negeri Jiran. Berikutnya yang paling sukses, dengan lima kemenangan adalah Dani Pedrosa (1 x 125cc, 1 x 250cc, 3 x MotoGP).

8. Sepang adalah salah satu dari hanya lima trek balap (Sepang, Sachsenring, Red Bull Ring, Termas de Rio Hondo, dan Austin) di mana Jorge Lorenzo belum pernah merebut kemenangan sejak masuk di kelas utama MotoGP. Terakhir ia memenangkan balapan di sana pada 2006 atau sewaktu masih di kelas 250cc.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini