Sukses

5 Klub Ini Miskin Kemenangan di Laga Tandang TSC 2016

Tiga klub di antaranya bahkan belum pernah menang di kandang lawan.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena unik terjadi di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Ada tiga klub yang sampai sejauh ini belum bisa meraih kemenangan dalam laga tandang.

Mereka adalah Barito Putera, PS TNI, dan Semen Padang. Untuk Barito dan PS TNI masih bisa dimaklumi. Jangankan di laga tandang, bermain di depan pendukung sendiri mereka kerap kesulitan meraih kemenangan.



Tengok catatan laga kandang Barito. Dari 12 main, mereka hanya menang 5 kali, seri 3 kali, dan 4 kali kalah. Wajar jika laga tandang mereka buruk yakni hanya mendapat 3 angka dari 13 lawatan ke kandang lawan dengan perincian 3 seri dan 10 kalah.

Sementara itu, PS TNI juga tak terlalu gemilang di laga kandang. Dari 12 laga mereka menang 6 kali, seri 1 kali, dan kalah 5 kali. Saat bermain tandang, PS TNI juga baru mengemas 3 poin dari 12 laga hasil dari 3 seri dan 9 kalah.

Toh, yang paling mengejutkan adalah Semen Padang. Bagaimana tidak, mereka tercatat sebagai tim yang paling garang di laga kandang. Dari 12 laga di H Agus Salim, mereka meraup 34 angka hasil dari 11 kemenangan dan 1 seri. Mereka tak pernah kalah di kandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sangat Ironis

Namun, saat bermain tandang, hasilnya sangat buruk. Dari 13 laga tandang, mereka hanya mendulang 4 angka hasil dari 4 seri dan 9 kali kalah. Sangat ironis.

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar, mengakui bahwa mental pasukannya saat bermain tandang memang lemah. Motivasi bertanding Marcel Sacramento cs tak terlalu tinggi dibandingkan bermain di depan pendukung sendiri.

Selain itu, Nilmaizar juga mengakui bahwa timnya juga kerap tak beruntung ketika bermain di kandang lawan. Faktor mental lemah dan dijauhi Dewi Fortuna menjadi hambatan bagi Semen Padang - mungkin tim lain - untuk bisa meraih prestasi apik di partai tandang.

Jika dilihat kualitas pemain dan permainan Semen Padang jelas setara dengan Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, dan bahkan Arema Cronus. Tapi, saat bermain di kandang PS TNI pekan lalu, Semen Padang kalah 0-1. Padahal PS TNI tak diperkuat pemain asing. Lagi-lagi motivasi kurang dan dijauhi Dewi Fortuna membuat Semen Padang selalu gagal meraih kemenangan di kandang lawan.

Klub TSC 2016 Paling Buruk di Laga Tandang:

Barito Putera
Poin: 3
Main: 13
Menang: 0
Kalah: 9
Selisih gol: 13-28

PS TNI
Poin: 3
Main: 12
Menang: 0
Kalah: 9
Selisih gol: 9-28

Semen Padang
Poin: 4
Main: 13
Menang: 0
Seri: 4
Kalah: 9
Selisih gol: 6-18

Gresik United
Poin: 4
Main: 13
Menang: 1
Seri: 1
Kalah: 11
Selisih gol: 10-35

Perseru Serui
Poin: 5
Main: 13
Menang: 1
Seri: 2
Kalah: 10
Selisih gol: 7-26

(Penulis: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.