Sukses

Karena Komentar, Mourinho Terancam Hukuman

Mourinho didakwa melakukan tindakan yang tidak pantas.

Liputan6.com, Manchester - Kabar buruk untuk Jose Mourinho. Pelatih Manchester United (MU) itu terancam hukuman dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA) terkait komentarnya tentang wasit Anthony Taylor sebelum laga MU lawan Liverpool yang berakhir imbang 0-0, 17 Oktober lalu.

Ketika itu suporter Liverpool mempertanyakan penunjukan untuk laga tim kesayangan mereka kala melawan Setan Merah. Pasalnya, Taylor berasal dari Wythenshawe yang masih termasuk wilayah Greater Manchester yang merupakan wilayah asal MU.

Mantan wasit Liga Inggris, Keith Hackett, juga termasuk orang yang mempertanyakan penunjukan Taylor. Menurut Hackett, wasit berkepala plontos itu seharusnya tidak memimpin laga Liverpool vs MU karena dianggap memiliki kedekatan dengan MU.

Kondisi ini memancing Mourinho untuk berkomentar. Beberapa hari jelang pertandingan Liverpool vs MU, Mourinho pun mengeluarkan pernyataan tentang Taylor. Mourinho menyebut sang wasit berada dalam tekanan.

Hal inilah yang tidak diperkenankan. Kamis (27/10/2016), FA menyatakan Mourinho telah melanggar aturan yang tertera dalam Pasal E3 (1) FA Rule tentang improper conduct alias perbuatan yang tidak pantas.

Sebab, pelatih memang tidak diperbolehkan berkomentar tentang wasit menjelang pertandingan. Mourinho diberi waktu hingga Senin (31/10/2016) pukul 18.00 waktu setempat untuk menyampaikan pembelaan. Jika terbukti bersalah, larangan mendampingi MU di lapangan bisa jadi hukumannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puji Taylor

Menariknya, setelah laga Liverpool vs MU, Mourinho sendiri mengaku puas dengan kepemimpinan Taylor. Pelatih asal Portugal itu menyebut Taylor telah memimpin laga dengan sangat bagus dan penuh dedikasi.

"Saya senang Taylor bisa bekerja dengan bagus. Sebab, tentu tidak mudah memimpin pertandingan dengan bagus dalam tekanan yang begitu besar," ujar Mourinho, ketika itu. "Tak disangsikan lagi, Taylor wasit bagus."


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho