Sukses

Performa Manchester United Belum Stabil, Apa Kata Ferguson?

Manchester United saat ini masih berada di posisi ketujuh klasemen sementara Premier League 2016-17.

Liputan6.com, Manchester - Mantan Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, menganggap Setan Merah masih berpeluang memenangkan Premier League 2016-2017. Kehadiran Jose Mourinho menurut pria asal Skotlandia tersebut merupakan faktor penentu bagi keberhasilan MU meraih gelar bergengsi tersebut pada musim ini. 

Pendapat ini disampaikan Fergie kepada majalah Jerman, Kicker. Seperti dilansir squawka.com, selain MU, Fergie menilai masih ada empat tim lainnya yang punya peluang memenangkan meraih trofi Premier League.

"Sangat sulit diprediksi dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Ferguson. "Saya pikir ada lima kandidat potensial; Manchester City sebagai favorit, Tottenham dan Liverpool, tapi juga Manchester United masih ada di sana jika mereka berhasil mendapatkan konsistensi dalam waktu dekat," beber Ferguson menambahkan.

MU sejauh ini masih berada di posisi posisi ketujuh klasemen sementara. Setan Merah berjarak enam poin dari penghuni tiga posisi teratas, yakni Manchester City, Arsenal, dan Liverpool. Namun hal ini tidak mengurangi keyakinan Fergie terhadap MU. Menurutnya, sosok Mourinho mampu mengatasi hal itu. 

"Bahkan ketika Anda tertinggal 6 poin, 8 poin, masih mungkin mengejar satu atau dua tim. Rivalitas Guardiola dan Mourinho bikin kompetisi ini kian menarik. Dan jangan lupakan juga Arsenal," beber Fergie. 

Rivalitas Guardiola dan Mourinho memang kini menjalar ke Premier League. Mourinho bersama MU dan Guardiola dengan Manchester City. Pada pertemuan jilid I, MU sempat kalah namun akhirnya berhasil membalasnya usai menyingkirkan City dari babak 16 besar Piala Liga Inggris, Kamis (27/10/2016).

Bagi Fergie, kedua pelatih ini memang rival yang seimbang. "Kualitas Guardiola tidak perlu diragukan lagi. (Anotnio) Conte juga  membawa Chelsea jalur yang tepat, tapi Mourinho juga bisa menjadi rival Guardiola--dia memenangkan Liga Champions dengan dua klub berbeda dan gelar juara di tiga negara."

Ferguson sendiri merupakan pelatih legendaris MU. Selama 27 tahun menangani Setan Merah, Fergie telah mempersembahkan 13 gelar Premier League. Sayang, sejak kepergiannya, MU tidak lagi pernah meraihnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.