Sukses

Zidane, Kunci Kehebatan Ronaldo di Musim 2015/2016

Saat ini Ronaldo tercatat sebagai Top Skorer Madrid sepanjang masa dengan 368 gol.

Liputan6.com, Madrid - Tak bisa dipungkiri, 2015/2016 adalah musim terbaik Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid. Bahkan, ia mampu melengkapi kesuksesan dengan penampilan menawan bersama Timnas Portugal di Piala Eropa 2016.

Seperti diketahui, Ronaldo sukses membawa Madrid meraih gelar Liga Champions di musim lalu. Itu adalah gelar Liga Champions ke-11 bagi Madrid dan ketiga bagi Ronaldo secara pribadi.

Pemain berusia 31 tahun itu menjadi sosok utama di balik kesuksesan Madrid saat itu. Dari 12 laga, ia menyumbang 16 gol dan empat assist. Namanya pun ada di posisi teratas daftar Top Skorer Liga Champions 2015/2016.

Tak puas, mantan pemain Manchester United itu melanjutkan kegemilangannya saat memperkuat Timnas Portugal. Ia sukses mempersembahkan gelar Piala Eropa pertama untuk Portugal. Menurut Ronaldo, pelatih Madrid Zinedine Zidane punya andil besar di balik kesuksesannya.

"Kami tak memulai musim dengan baik, tapi kemudian ia datang dan itu menjadi salah satu musim terbaik kami. Kami melaju di Liga Spanyol, memenangkan Liga Champions, dan kemudian saya meraih gelar Piala Eropa bersama Portugal," ungkap Ronaldo seperti dikutip Soccerway.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perak Ferguson

Tak lupa, Ronaldo juga menyebut Alex Ferguson sebagai sosok yang ikut membantu perkembangan kariernya. Ya, Ferguson adalah orang yang merekrut Ronaldo dari Sporting Lisbon ke MU di musim panas 2003.

Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo saat baru tiba di Manchester United. (Mirror)

Bersama MU, ia memenangkan tiga gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dua Piala Liga Inggris, tiga Community Shield, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub. Kontribusi Ronaldo buat MU adalah torehan 118 gol dan 62 assist dari 291 laga.

"Saya melihat Sir Alex sebagai figur seorang ayah. Semua pelatih saya memiliki peran penting. Namun, ketika saya tiba di Madrid, saya telah menjadi seorang pria. Ketika tiba di MU, saya masih anak-anak. Saat itu saya membutuhkan sosok seperti Sir Alex," papar Ronaldo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.