Sukses

Senjakala Nasib Rooney di MU

Masa depan Rooney di MU makin tak jelas saja.

Liputan6.com, Jakarta - Wayne Rooney seperti sedang menghadapi pengujung kariernya di Manchester United. Ya, masa depan Rooney di MU memang makin tak jelas saja.

Itu karena manajer MU, Jose Mourinho tak juga memberinya tempat sebagai starter atau bahkan jadi pemain cadangan. Seperti pada derby Manchester di perdelapan final Piala Liga Inggris, Kamis (27/10/2016) dini hari WIB, nama Rooney sama sekali tak masuk daftar pemain.

Sungguh ironis apa yang dialami Rooney. Sebagai pemain yang cukup legendaris karena sudah 12 musim membela MU, Rooney terancam akhiri karier di MU dengan cara yang tak mengenakkan. Meski begitu, tanda-tanda habisnya masa kejayaan Rooney sudah terlihat sejak dua musim terakhir.

Itu bisa dilihat dari kendurnya jumlah gol yang dicetak Rooney. Eks pemain Everton ini tidak lagi seperti dulu ketika garang dalam mencetak gol dan rajin memberi assist. Pada musim 2014/15 dan 2015/16, Rooney hanya mampu mencetak 14 dan 15 gol saja di semua kompetisi bersama MU.

Wayne Rooney tak sabar mengarungi musim di bawah asuhan Jose Mourinho. (AFP)

Musim lalu, dia harus menunggu hingga dua bulan untuk mencetak gol pertamanya. Musim ini, Rooney baru mencetak satu gol saja untuk MU. Itu tercipta saat MU menang 3-1 atas Bournemouth 14 Agustus lalu.

Dibeli MU pada 2004 lalu, Rooney nyaris tanpa saingan di starter MU. Meski Carlos Tevez, Cristiano Ronaldo atau Robin van Persie datang menghiasi lini depan MU, Rooney tetap diandalkan para manajer MU. Bahkan saat di masa sulit pun, kehebatan Rooney tetap tidak diragukan.


Banyak Pilihan

Hingga akhirnya kini datang manajer anyar Jose Mourinho. Dalam beberapa kali wawancaranya dengan media, Mourinho meyakinkan jika dirinya tak akan lepas Rooney. Dia mengaku tak akan menyia-nyiakan seorang pemain yang sudah berpengaruh besar untuk MU.

Namun faktanya berbeda. Rooney seakan makin tersisih perannya di MU. Di lini depan, praktis peran Rooney sudah digantikan Zlatan Ibrahimovic, Marcus Rashford atau Anthony Martial.

Begitu pun untuk posisi di lini tengah. Rooney harus berjuang untuk berebut tempat dengan Juan Mata, Ander Herrera, Marcus Rashford dan Jese Lingard.

Marcus Rashford saat ditarik keluar lapangan untuk digantikan dengan Wayne Rooney. (Toby Melville/Reuters)

Meski begitu Mourinho berkali-kali tegaskan belum mau lepaskan Rooney.Saya tidak akan membuat keputusan untuk melepas pemain yang punya sejarah besar untuk klub," katanya, dikutip dari Sports Mole.

Mourinho punya alasan tersendiri menempatkan Rooney di bangku cadangan. Manajer berusia 53 tahun itu juga menyadari bahwa keputusan yang dibuatnya sangat melukai hati Rooney.

"Memang itu merupakan sulit, baik bagi saya atau Rooney sendiri. Bagi seorang pemain legenda, ini memang sulit, tapi dalam pikiran saya, kepentingan tim lebih dikedepankan," ucap Mourinho.


Pengganti Gerrard

Kini, Rooney bisa segera selamatkan kariernya dengan bergabung klub baru. Konon, klub Liga Amerika Serikat (MLS), Los Angeles Galaxy sudah siap menampung Rooney.

The Sun menghembuskan rumor jika Mourinho sendiri kabarnya yang meminta MU untuk carikan klub baru untuk Rooney. LA Galaxy siap tampung Rooney dan kabarnya untuk gantikan Steven Gerrard. LA Galaxy digadang-gadang kurang puas dengan penampilan eks Liverpool itu.

Wayne Rooney (whatculture)

Selain LA Galaxy, klub asal Cina dan Inter Milan juga ingin dapatkan jasa Rooney. Tapi ada satu alasan yang membuat Rooney akan bertahan berebut tempat di MU.

Dia masih butuh 4 gol lagi untuk lewati rekor gol legenda MU, Bobby Charlton (249 gol). Jadi bagaimana masa depan Rooney, lanjut di MU atau pindah?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini