Sukses

Komentari Wasit, FA Nyatakan Mourinho Bersalah

Mourinho dikenal sebagai sosok yang berulang kali mendapatkan sanksi akibat komentarnya.

Liputan6.com, Manchester - FA telah mengambil keputusan terkait komentar pelatih Manchester United, Jose Mourinho, jelang laga melawan Liverpool pada pekan kedelapan Liga Inggris 2016/2017, pada 18 Oktober 2016. Mourinho dinyatakan bersalah terkait komentarnya.

Sebelum laga melawan Liverpool, penunjukan Anthony Taylor sebagai wasit duel tersebut menimbulkan pro dan kontra. Pasalnya, Taylor adalah pria yang lahir dan dibesarkan di Manchester.

Mourinho pun ikut angkat bicara saat itu. "Saya pikir Taylor wasit hebat. Namun saya memprediksi ia akan kesulitan tampil bagus setelah adanya tekanan dari beberapa orang," kata Mourinho seperti dilansir Sky Sports, Senin (17/10/2016).

Usai menyampaikan komentar tersebut, FA langsung melakukan penyelidikan dan memanggil Mourinho untuk meminta penjelasan. Jumat (28/10/2016), FA akhirnya mengumumkan soal keputusannya terkait Mourinho.

"Pelatih MU Jose Mourinho telah didakwa dengan pelanggaran sehubungan komentar yang dia buat sebelum laga melawan Liverpool. Mourinho memiliki waktu hingga Senin, 31 Oktober 2016, untuk merespon keputusan ini," tulis pernyataan di situs resmi FA.

Anthony Taylor saat memimpin duel Liverpool melawan Manchester United. (AFP/Glyn Kirk)

Dalam sebuah peraturan FA, seorang manajer atau pemain tak boleh membuat pernyataan yang menjurus pada intimidasi atau mempengaruhi soal penunjukan wasit sebelum pertandingan dimulai. Sebab, FA ingin menghindari sikap berat sebelah wasit dalam memimpin pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ferguson yang Pertama

Pada Mei 2016, mantan manajer MU, Alex Ferguson, menjadi manajer pertama yang mendapatkan hukuman akibat peraturan tersebut setelah berkomentar soal Howard Webb. Ia menyebut Webb sebagai wasit terbaik di Inggris.

Meski begitu, FA belum memutuskan hukuman apa yang akan diberikan kepada Mourinho. Bukan tak mungkin larangan mendampingi MU dalam pertandingan menjadi hukuman mereka.

Di sisi lain, mendapatkan masalah akibat komentar bukan hal baru bagi Mourinho. Saat masih melatih Chelsea untuk periode kedua di musim lalu, ia sempat mendapat sanksi larangan satu pertandingan dan denda 50 ribu pounds. Saat itu, Mourinho mengatakan wasit takut memberikan hadiah penalti saat The Blues kalah 1-3 dari Southampton.

Ia juga sempat diusir ke tribun saat Chelsea kalah dari West Ham pada Oktober 2015. Selain diusir ke tribun, ia juga dilarang hadir di pinggir lapangan di laga berikutnya, yakni saat menghadapi Stoke City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Anthony Taylor