Sukses

5 Alasan MU Harus Membuang Wayne Rooney

Karier Wayne Rooney bersama Manchester United (MU) di ujung tanduk.

Liputan6.com, Manchester - Karier Wayne Rooney bersama Manchester United (MU) di ujung tanduk. Pasalnya, performa pemain berusia 31 tahun itu terus menurun belakangan ini.

Pada awal musim, manajer MU, Jose Mourinho tetap memberikan kepercayaan pada Rooney. Pemain asal Inggris itu terus mendapat tempat di starting XI dan jabatan kapten.

Sayang, Rooney belum bisa membayar kepercayaan dari The Special One. Dari 12 laga di semua kompetisi dia baru mencetak satu gol.

Tak heran kesabaran Mou pada Rooney pun mulai luntur. Bahkan Mou telah mempersilakan Rooney untuk mencari klub baru musim dingin nanti.

Berikut 5 alasan MU harus mendepak Rooney secepatnya seperti dilansir The Sun:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Masa emasnya sudah lewat

Tidak dapat dimungkiri, Rooney sudah melewati masa emasnya. Ketajaman striker berusia 31 tahun itu tidak seperti empat atau lima tahun lalu.

Perubahan posisi menjadi gelandang juga tidak cukup membuat Rooney kembali ke puncak performa. Ia justru sering dicadangkan karena kalah bersaing dengan pemain lain.

Selain itu Rooney juga sering mengalami cedera belakangan ini. Sehingga semakin membuatnya kesulitan merebut jatah tempat di tim utama.

3 dari 6 halaman

2. Gaji Rooney terlampau besar

Saat ini kontrak Rooney masih tersisa tiga tahun. Gajinya pun sangat fantastis yakni mencapai 250 ribu pounds per pekan.

Artinya MU harus membayar Rooney sebesar 37 juta pounds saat kontraknya habis nanti. Tentu jumlah ini cukup besar apalagi jika MU gagal lolos ke kompetisi Eropa lagi.

Menjual Rooney juga sebenarnya tidak merugikan bagi MU. Pasalnya kostum dengan nama Rooney di belakang saat ini kalah laku ketimbang Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic, David de Gea, Anthony Martial, dan Marcus Rashford.

4 dari 6 halaman

3. Isu sensitif bagi Mourinho

Rooney menjadi salah satu idola bagi fans MU. Dan fakta itu justru bisa membuat suasana ruang ganti memanas.

Ya, jika MU terus meraih hasil buruk bukan tak mungkin Mou akan mencari kambing hitam. Dan sasaran terbaik saat ini adalah Rooney.

Tetapi jika MU meraih hasil bagus dan Rooney tetap menjadi cadangan, maka Mourinho juga tetap disorot. Fans pasti kecewa karena Rooney yang berstatus kapten hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Jadi mendepak Rooney adalah solusi terbaik bagi Mourinho.

5 dari 6 halaman

4. Tidak sesuai skema Mou

Mourinho punya skema favorit yakni 4-2-3-1. Dia kerap memasang Rooney sebagai penyerang sayap ketimbang posisi nomor 10.

Sayangnya, Rooney terlalu lamban untuk bermain di Liga Inggris saat ini. Ia kerap terlambat turun saat tim lawan melakukan serangan.

Dan tipikal pemain seperti ini sangat dibenci Mou. Buktinya, ia pernah mendepak Juan Mata dengan alasan yang sama saat di Chelsea.

6 dari 6 halaman

5. Mengembalikan status legenda 

Rooney adalah legenda sepak bola untuk klub maupun negaranya. Namun status itu seolah-olah tenggelam bersamaan dengan performanya yang menurun.

Dan pindah dari MU bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kelegendaannya. Terlebih tidak sedikit klub yang berminat pada eks Everton tersebut.

AS dan Tiongkok bisa menjadi alternatif pindahnya Rooney. Tetapi jika dia bersikeras bertahan maka Arsenal dan Everton bisa saja menampungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

Video Terkini