Sukses

Latihan Bebas MotoGP Malaysia, Rossi Kritik Yamaha

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi mencatat hasil kurang bagus dalam dua sesi latihan bebas MotoGP Malaysia.

Liputan6.com, Sepang - Yamaha tidak mampu mencatat hasil bagus pada dua sesi latihan bebas MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (28/10/2016). Hal itu membuat Valentino Rossi kecewa berat.

Yamaha memang terlihat kewalahan sejak memasuki paruh kedua musim ini. Pasalnya, balapan di paruh kedua musim ini lebih banyak dalam kondisi cuaca yang campur aduk.

Hal itu kembali terlihat di latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Malaysia. Dua pembalap Yamaha, Rossi dan Jorge Lorenzo hanya menempati posisi kelima serta 10. Saat itu, lintasan memang tak sepenuhnya mengering setelah Sirkuit Sepang diguyur hujan lebar pada malam harinya.

Usai latihan bebas pertama, hujan deras kembali mengguyur sirkuit. Meski hujan berhenti ketika latihan bebas kedua dimulai, dua pembalap Yamaha tetap tak mampu meraih hasil maksimal.

"Di sore hari, kami mencoba ban basah. Saat itu saya tak begitu buruk. Namun, kami memiliki banyak masalah dalam kondisi campur aduk," kata Rossi seperti dilansir Motor Sport.

Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, saat beraksi pada sesi latihan bebas MotoGP Malaysia 2016 di Sirkuit Sepang. (AP Photo/Vincent Thian)

Pembalap yang telah meraih sembilan gelar juara dunia di kelas berbeda tersebut juga mengkritisi kondisi Sirkuit Sepang. Hal yang menjadi fokus The Doctor adalah sistem pengeringan aspal setelah diguyur hujan.

"Pagi ini cukup kering, tapi sayangnya tidak benar-benar kering. Aspal sangat baik, tapi butuh banyak waktu untuk mengering. Di Malaysia, ini adalah masalah karena hujan nyaris turun setiap hari," papar Rossi.

"Pagi ini hujan berhenti sekitar pukul 07:00 atau 07:30. Kami memulai sesi pada pukul 10:00 dan selesai pada 10:45. Sebagian lintasan masih basah. Jadi, dalam tiga jam, lintasan tak sepenuhnya mengering."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.