Sukses

2 Permintaan Rossi kepada Yamaha untuk MotoGP 2017

Rossi mengakui bahwa mesin Yamaha kurang cepat di lintasan lurus.

Liputan6.com, Sepang - Valentino Rossi sudah menatap MotoGP 2017, meski musim balap tahun ini masih menyisakan dua seri lagi. Dia pun memiliki dua permintaan kepada timnya, Movistar Yamaha.

Pembalap asal Italia itu meminta Yamaha memperbaiki mesim dan bagian belakang motor untuk balapan tahun depan. Rossi menyadari mesin Yamaha sudah kalah cepat dari rival utamanya, Repsol Honda.

Pada musim MotoGP 2016, Yamaha berhasil memenangkan lima balapan dari tujuh seri awal, Rossi dua kali naik podium pertama, sedangkan Jorge Lorenzo tercatat tiga kali memenangkan balapan.

"Menurut saya, kami harus bekerja lebih banyak untuk mesin. Kami wajib mengatur mesin agar bisa lebih cepat saat berada di lintasan lurus," kata Rossi, seperti dikutip dari Crash.

"Namun terutama kami harus bekerja lebih keras untuk motor tahun depan. Bagian paling penting yang harus diperbaiki yakni berada di belakang," ucapnya menambahkan.

Valentino Rossi. (AP Photo/Lai Seng Sin)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalah Cepat

Rossi mengatakan bahwa performa Yamaha di pertengahan musim MotoGP 2016 kalah cepat dari Repsol Honda. Motor Yamaha milik Rossi sering bermasalah, seperti saat di MotoGP San Marino.

Saat itu, mesin motor Rossi jebil yang mengakibatkan knalpotnya mengeluarkan asap. Sehingga Rossi pun gagal menampilkan performa maksimal.

"Di paruh kedua musim ini, Honda membuat langkah yang lebih bagus bila dibandingkan dengan kami. Saya rasa, kami harus memperbaiki mesin dan bagian belakang. Itu target kami untuk motor baru," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Kritik Yamaha

Sebelumnya, Rossi sempat mengkritik Yamah usai gagal mencatat hasil bagus pada dua sesi latihan bebas MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (28/10/2016). Yamaha memang terlihat kewalahan sejak memasuki paruh kedua musim ini.

Pasalnya, balapan di paruh kedua musim ini lebih banyak dalam kondisi cuaca yang campur aduk.Hal itu terlihat di latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Malaysia. Dua pembalap Yamaha, Rossi dan Jorge Lorenzo hanya menempati posisi kelima serta 10.

Saat itu, lintasan memang tak sepenuhnya mengering setelah Sirkuit Sepang diguyur hujan lebar pada malam harinya.Usai latihan bebas pertama, hujan deras kembali mengguyur sirkuit. Meski hujan berhenti ketika latihan bebas kedua dimulai, dua pembalap Yamaha tetap tak mampu meraih hasil maksimal.

"Di sore hari, kami mencoba ban basah. Saat itu saya tak begitu buruk. Namun, kami memiliki banyak masalah dalam kondisi campur aduk," kata Rossi ketika itu, seperti dilansir Motor Sport.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini