Sukses

13 Rekor Dunia yang Dibuat Messi

Sejak 2004, Messi telah membuat 13 rekor dunia.

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi adalah pesepak bola fenomenal. Bersama Cristiano Ronaldo, bintang Barcelona dan timnas Argentina itu adalah pemain yang paling menonjol dalam sepak bola modern saat ini.

Banyak rekor dunia yang diciptakan pemain berjuluk La Pulga itu. Sejak 2004, pemain yang kini berusia 29 tahun itu memiliki 13 rekor dunia.

Berikut 13 rekor dunia yang dibuat Messi seperti dilansir Sportskeeda.

1. Paling Banyak Memenangkan Ballon d'Or

Dalam delapan tahun terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi penghargaan Ballon d'Or atau Pemain Terbaik Dunia. Bintang Barcelona ini telah memenangkan penghargaan individu bergengsi tersebut sebanyak lima kali, dan sisanya jadi milik Ronaldo.

Empat di antaranya dimenangkan Messi empat kali berturut-turut sejak 2009 hingga 2012. Prestasi itu membuat pemain timnas Argentina ini menjadi satu-satunya pemain yang meletakkan tangannya di trofi Ballon d'Or empat kali beruntun.

Messi juga mencetak rekor dunia sebagai pemain yang paling banyak memenangkan Ballon d'Or. Posisi selanjutnya ditempati Michel Platini, Johan Cruyff, Marco van Basten, serta Cristiano Ronaldo yang memenangkan penghargaan bergengsi itu tiga kali.

Buat Ronaldo, ia berpeluang meraihnya untuk kali keempat tahun ini. Pemain berjuluk CR7 itu difavoritkan setelah membantu Real Madrid memenangkan trofi Liga Champions tahun ini dan mengantarkan Portugal juara Piala Eropa 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2: Cetak 40 Gol Lebih 7 Musim Berturut-turut

Performa Messi bersama Barcelona sangat konsisten dalam 10 tahun terakhir. Sejak musim 2009-2010, bintang asal Argentina itu telah mencetak 40 gol lebih di setiap musimnya.

Di musim kedelapan atau 2016-2017, Messi sudah mencetak 14 gol dalam 11 penampilannya bersama Barcelona. Pemain yang dijuluki La Pulga bisa dibilang yang paling produktif sejauh musim ini.

3. Paling Banyak Masuk FIFPro World XI

Sejak 2007, Messi selalu masuk dalam FIFPro World XI. Tercatat sembilan tahun berturut-turut masuk dalam tim terbaik dunia setiap bersama bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Diharapkan, tahun ini Messi dan Ronaldo kembali masuk dalam FIFPro Wolrd XI. Dengan demikian, dia bakal tercatat sebagai pemain yang 10 kali masuk dalam tim terbaik dunia.

4. Pemain yang Mencetak Gol di 6 Kompetisi

Rekor dunia lainnya yang diukir Messi adalah sebagai pemain yang mencetak gol di enam kompetisi berbeda dalam satu musim. Prestasi itu dilakukannya pada 2011 dan 2015.

Messi mencetak gol di kompetisi Liga Spanyol, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

3 dari 5 halaman

5. Cetak Gol Paling Banyak di Piala Dunia Antarklub

Messi telah memenangkan tiga trofi Piala Dunia Antarklub bersama Barcelona sepanjang kariernya. Dalam ajang tersebut, Messi telah mencetak lima gol.

Torehan itu menempatkan Messi sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di turnamen tersebut. Akan tetapi, dia harus berbagai rekor dunia dengan rekan setimnya di Barcelona, Luis Suarez dan Timnas Argentina, Cesar Delgado.

6. Jadi Kandidat Pemenang Ballon d'Or 9 Kali 

Messi telah lima kali tercatat memenangkan penghargaan Ballon d'Or atau Pemain Terbaik Dunia. Dia menorehkan prestasi itu setelah sembilan kali menjadi kandidat penghargaan individu bergengsi itu sejak 2007-2015.

Messi mengungguli Cristiano Ronaldo untuk prestasi ini. Kapten timnas Portugal itu berada di urutan kedua dengan delapan kali menjadi kandidat peraih Ballon d'Or. Ronaldo tidak masuk dalam tiga kandidat pada 2010 setelah banyak melewat pertandingan di musim 2009/2010.

4 dari 5 halaman

7. Cetak Gol Paling Banyak dalam Semusim

Messi mencetak 91 gol pada 2012. Torehan itu membuat bintang Barcelona tersebut memecahkan rekor terbanyak dalam satu tahun yang sebelumnya dipegang legenda Bayern Muenchen dan timnas Jerman, Gerd Muller.

Semua gol itu dicetak Messi antara lain 61 gol di Liga Spanyol, 13 gol di Liga Champions, tujuh gol dalam laga uji coba Timnas Argentina, lima pertandingan kualifikasi Piala Dunia, tiga di Copa del Rey, dan dua di Piala Super Spanyol.

Prestasi Messi itu tercatat dalam Guinness World Record dan hingga kini rekor tersebut belum terpecahkan.

8. Cetak Gol Internasional Terbaik dalam Setahun

Messi memiliki prestasi yang luar biasa pada 2012. Selain mengukir rekor Guinness World Record, ia juga mencetak rekor dunia lainnya. Ia menjadi pencetak gol terbanyak internasional dalam satu tahun. Gol itu dicetak Messi bersama Messi di kompetisi benua Eropa dan pertandingan internasional dengan timnas Argentina.

9. Cetak Gol di 21 Pertandingan Berturut-turut

Prestasi luar biasa diukir Messi pada kompetisi Liga Spanyol musim 2012-2013. Dia mencetak gol dalam 21 laga berturut-turut dengan 33 gol. Rekor yang dibuat Messi ini sulit untuk terulang lagi.

10. Pemain Pertama yang Mencetak Gol di Semua Klub liga Spanyol

Rekor dunia lain yang dicetak Messi adalah mencetak gol ke gawang 19 klub yang berkompetisi di Liga Spanyol. Bahkan, dia mencetak gol ke gawang rival abadi Barcelona, Real Madrid, dua kali, dalam satu musim ini.

5 dari 5 halaman

11. Pemain Termuda yang Memenangkan 3 Ballon d'Or

Saat memenangkan Ballon d'Or pada 2011, Messi tidak hanya menyamai prestasi Michel Platini, Johan Cruyff, dan Marco van Basten sebagai pemain yang tiga kali memenangkan penghargaan individu bergengsi itu.

Namun, Messi mengungguli ketiga legenda sepak bola itu karena memenanginya di usia 24 tahun, 6 bulan, dan 17 hari. Hal itu menempatkan Messi sebagai pemain termuda yang tiga kali memenangkan Ballon d'Or.

12. Paling Banyak Meraih Trofi Piala Dunia Antarklub

Sejak Piala Dunia Antarklub digelar pada 2005, Barcelona adalah klub paling sukses di kompetisi tersebut. Klub Katalan tersebut tercatat tiga kali memenangkan kompetisi itu. Prestasi itu turut membawa Messi sebagai pemain yang paling banyak memenangkan trofi piala Dunia Antarklub, yakni 2009, 2011, dan 2015.

13. Cetak 60 Gol Lebih di Semua Kompetisi dalam Dua Musim Berturut-turut

Satu rekor dunia lagi yang dicetak oleh Messi adalah mencetak 60 gol lebih dalam dua musim berturut-turut, yakni 2011-2012 dan 2012-2013. Prestasi itu menempatkan pemain 29 tahun ini sebagai satu pemain yang mencetak 60 gol lebih dalam dua musim berturut-turut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini