Sukses

Rem, Penyebab Jatuhnya Marquez di MotoGP Malaysia?

Marquez kembali terjatuh dalam dua pekan beruntun.

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez membuat berita saat kembali terjatuh di MotoGP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang,Minggu (30/10/2016). Ini menjadi kali kedua pembalap asal Spanyol itu terjatuh dalam dua pekan beruntun.

Sebelumnya, Marquez juga terjatuh saat mengikuti balapan di MotoGP Australia di Sirkuit Philip Island. Kondisi sirkuit yang basah karena hujan turut memberi andil atas jatuhnya Marquez kali ini. Untunglah, dia masih bisa bangkit dan akhirnya finis di posisi ke-9.

Memang, Marquez sudah tak terbebani lagi. Dia sudah 'membungkus' gelar juara saat di MotoGP Jepang. Poinnya sudah tak terkejar lagi oleh Valentino Rossi yang kembali gagal rebut juara dunia untuk ke-10 kalinya.

Ada satu fakta terungkap di balik motor yang digunakan Marquez untuk balapan di Sepang. Disinyalir, Marquez gunakan ban kampas dari karbon untuk rem motornya.

Padahal, seperti dilansir crash, Marquez seharusnya gunakan kampas rem berbahan baja di cuaca hujan. Apakah ini jadi alasan Marquez terjatuh dari motor?

"Tidak, saya terjatuh tanpa menyentuh rem. saya sedang menggeber motor dan tiba-tiba kehilangan grip di bagian depan motor," katanya.

"Kampas karbon rem saya sudah rawan habis sehingga saya hati-hati. Tapi seiring berkurangnya air, cengkeraman rem makin baik utamanya di bagian akhir balapan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.