Sukses

Kim Jeffrey Kurniawan, Gelandang Mungil Persib Bernyali Besar

Mengenal Kim Jeffrey Kurniawan, pahlawan Persib Bandung di Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Sungguh beruntung Persib Bandung memiliki gelandang mungil Kim Jeffrey Kurniawan. Meski berbadan kecil, dia bernyali besar. Bahkan, Kim memiliki peran besar dalam permainan Maung Bandung.

Kim boleh berbadan mungil, namun dia adalah gelandang yang berfungsi sebagai breaker alias perusak konsentrasi lawan. Selain itu, Kim selalu ngotot dalam menggalang lini tengah. Berusaha untuk menjaga bola tetap dikuasai timnya dan berfungsi sebagai distributor bola, selain tentunya rekannya di tengah, Hariono.

Kim bisa dibilang sebagai unsung hero alias pahlawan yang tak terlihat. Perannya di Persib Bandung seolah tak terlihat karena dia secara mata telanjang hanya berlari sepanjang pertandingan.

Akan tetapi, dia telah membuktikan bahwa bisa memberikan kontribusi maksimal bagi Maung Bandung. Saat bertandang ke markas PSM Makassar, Sabtu (29/10), tanpa disangka, Kim berhasil menjadi pahlawan bagi Maung Bandung.

Golnya pada masa injury time membuat Persib terhindar dari kekalahan tandang ke-5 secara beruntun di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Sempat tertinggal 1-2, gol Kim membuat Persib berhasil menahan imbang 2-2 PSM.

Kendati hanya meraih 1 poin, tapi itu sangat penting. Maklum saja, dalam 4 laga tandang sebelumnya secara beruntun, Persib selalu mengalami kekalahan. Kim berperan besar dalam mematahkan tradisi buruk Persib dalam laga tandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gol Ketiga

Gol ke gawang PSM merupakan gol ketiga yang dikoleksi Kim di TSC 2016. Menariknya, satu gol lain yang dicetaknya juga memberikan poin bagi Maung Bandung. Itu menjadi bukti bahwa keberadaannya memang sangat dibutuhkan.

Dalam bermain, Kim memang mengutamakan kengototan dan kreativitas.Selain punya kemampuan mengalirkan bola, juga piawai dalam memutus alur serangan lawan. Bisa dibilang dia paling sibuk di antara pemain Persib lainnya. Tak kenal lelah dan seperti memiliki tenaga tambahan.

Di dalam lapangan dia sangat agresif dalam melakukan pressing ke lawan. Hingga saat ini dia sudah melakukan tekel sukses hingga 65%. Selain itu, dia juga berfungsi sebagai pembagi bola dengan akurasi operan mencapai 86%.

Tiga gol yang sudah dicetaknya rasanya cukup wajar mengingat Kim memiliki akurasi tembakan mencapai 62%. Meski berposisi sebagai breaker sekaligus filter serangan lawan, Kim juga memiliki daya kreativitas dan insting tajam di depan gawang lawan.

Kim digaet Persib dari Pelita Bandung Raya yang diperkuatnya pada 2013-2015. Sebelumnya dia memperkuat Persema Malang pada 2011-2013. Dia diajak oleh pelatih Persema saat itu, Timo Scheunemann, yang tengah pulang ke kampung halamannya di Jerman. Kim merupakan pemain yang dinaturalisasi oleh PSSI. Dia sudah menjadi WNI.

Kim sendiri lahir di Jerman dari ayah Indonesia keturunan Tiongkok dan ibu dari Jerman. Di Jerman, dia memperkuat FC 07 Heidelsheim. Menariknya, saat terjadi kevakuman kompetisi, Kim sempat menjajal bermain futsal dan bergabung bersama Electric Cosmo PLN.

Profil Lengkap:

Nama lengkap: Kim Jeffrey Kurniawan

Lahir: Muhlacker (Jerman), 23 Maret 1990

Posisi: Gelandang

Klub: Persib Bandung

Karier klub:

2009–2010 FC 07 Heidelsheim         

2011–2013 Persema Malang     

2013       Electric Cosmo PLN (Futsal)         

2013–2015 Pelita Bandung Raya

2015       Persipasi Bandung Raya     

2016-...  Persib Bandung     


(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini