Sukses

3 Rookie Terbaik di TSC 2016

Mereka sukses mencuri perhatian.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo tampaknya tak hanya menyajikan persaingan ketat antar klub-klub terbaik di Indonesia. Turnamen jangka panjang ini juga dimanfaatkan beberapa pemain muda untuk unjuk gigi.

Nama-nama pemain jebolan timnas U-19 seperti Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama Pranata hingga Rudolof Yanto Basna berhasil menunjukkan peningkatan performa yang signifikan di ajang TSC 2016.

Alhasil, ketiga pemain tersebut mendapatkan panggilan untuk memperkuat tim nasional Indonesia proyeksi Piala AFF 2016.

Menariknya, tak hanya mantan pemain Garuda Jaya yang bisa mencuri perhatian, beberapa pemain yang sebelumnya belum punya nama juga banyak mencuri perhatian.

Terkait itu, Liputan6.com mencoba mengulas tiga pemain rookie terbaik di TSC 2016:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Abdul Rahman

1. Abdul Rahman

Nama Abdul Rahman mencuat ke permukaan setelah performanya sebagai bek kiri persiba memukau di TSC 2016. Pemain berkaki kidal ini telah bermain dalam 19 laga dan mencetak satu gol.

Jika dilihat, kecepatan menjadi kekuatan Abdul Rahman saat bertanding. Talentanya ini yang membuatnya sangat sulit untuk dilewati dan juga berbahaya saat membantu serangan.

Mantan pemain Arema Cronus ini telah membuat dua assist bagi Persiba musim ini. Akurasi operan Abdul juga sangat baik setelah mencapai 73 persen.

Berkat performa menawannya tersebut, pemain berusia 25 tahun ini mendapatkan panggilan untuk menjalani pemusatan latihan timnas Indonesia di Karawaci.

3 dari 4 halaman

Osvaldo Haay

2. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay merupakan talenta muda Persipura yang berposisi sebagai gelandang tengah. Usianya saat menembus skuat utama Mutiara Hitam adalah 18 tahun.

Dia memiliki pergerakan yang apik dan mampu menjangkau hampir semua sisi lapangan. Tak hanya itu visi mengirimkan umpannya juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Haay bisa mengalirkan bola untuk membangun serangan dan bisa juga memberikan umpan yang menusuk ke kotak penalti untuk membantu para striker mencetak gol.

Di TSC 2016, Haay baru saja mencetak gol perdananya ketika membantu Mutiara Hitam menang 2-0 atas Arema Cronus di pekan ke-25. Berkat performa apiknya ini, Pelatih Persipura, Angel Alfredo Vera kembali memainkannya sebagai pemain inti ketika menang 1-0 atas Sriwijaya FC di pekan ke-26.

4 dari 4 halaman

Febri Haryadi

3. Febri Haryadi

Nama wonderkid Persib Bandung, Febri Haryadi dalam beberapa waktu belakangan sedang hangat menjadi topik pembicaraan. Hal itu tak terlepas dari performa menawan yang dia tunjukkan dalam dua laga terakhir Maung Bandung di TSC 2016.

Dia dipercaya untuk mengisi posisi sayap kanan menggantikan peran yang biasa diemban Zulham Zamrun. Kepercayaan itu berhasil dijawab Febri setelah dia berhasil mencetak gol dalam dua laga beruntun Persib di TSC.

Gaya bermain Febri adalah tipikal pemain sayap yang gemar menusuk ke dalam kotak penalti. Pemain jebolan diklat Persib ini memiliki skill individu yang ciamik dan juga akurasi tembakan yang akurat.

Menariknya, Performa menawan Febri ternyata bukan baru kali ini terjadi. Beberapa waktu lalu, ketika dia tergabung bersama tim sepak bola PON Jawa Barat, Febri juga sukses tampil apik yang berbuah dengan medali emas.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.