Sukses

FIFA Resmi Luncurkan Pesaing Ballon d'Or

FIFA sudah tidak lagi terlibat dalam perhelatan gelar Ballon d'Or.

Liputan6.com, Jakarta Federasi asosiasi sepak bola dunia (FIFA) resmi meluncurkan rival bagi Ballon d'Or, Senin (31/10/2016). Menurut Presiden FIFA, Gianni Infantino, program bernama "The Best" itu lebih menarik dan melibatkan banyak pihak, termasuk suporter.

Seperti dilansir Soccerway.com, pemenang program ini bakal diumumkan Januari mendatang. "Acara ini tentang sepak bola dengan peserta yang lebih bergairah--pemain-pemain, pelatih, dan fans," ujar Infantino.

"Ini merupakan event baru dengan pendekatan baru dalam merayakan permainan yang selama ini kita cintai," bebernya.

FIFA telah resmi keluar dari perhelatan Ballon d'Or. Kontrak kerja bersama perusahaan media asal Prancis yang terjalin sejak 2010 lalu telah berakhir dan tidak diperbaharui lagi. Itu sebabnya, pemilihan pemenang Ballon d'Or musim ini juga kembali ke format awal yang hanya melibatkan wartawan Eropa. (Baca juga: FIFA Ballon d'Or Bakal Kembali ke Format Awal)

FIFA kemudian meluncurkan program yang sama sebagai saingannya. Rencananya, penghargaan The Best akan diberikan kepada pemain dan pelatih. Format pemilihan dibagi dua. Setengahnya akan melibatkan kapten dan pelatih tim nasional seluruh dunia. Sedangkan setengah dari suara publik yang dilakukan secara online oleh 200 perwakilan media pilihan.

Para pemain juga kembali akan memilih susunan pemain terbaik dunia atau FIFPro World 11. Sementara fans akan mendapat kesempatan untuk memberikan suara bagi pemenang gol terbaik alias Puskas Award yang dilakukan secara online.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.