Sukses

Winger-Winger Produktif di TSC 2016

Cukup banyak pemain sayap yang rajin mencetak gol di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Liputan6.com, Jakarta- Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo telah menyelesaikan pekan ke-26. Hanya tersisa delapan pekan lagi dipastikan akan seru dan menarik karena persaingan menjadi juara sangat ketat.

Tak hanya itu, persaingan menjadi top skorer pun makin sengit. Marcel Sacramento (Semen Padang) yang telah mencetak 16 gol kini mulai diusik Luiz Junior (Barito Putera) yang telah mengoleksi 15 gol.

Di belakang mereka ada Pablo Rodriguez (Madura United) dan Alberto Goncalves (Sriwijaya FC) yang sama-sama mencetak 14 gol.

Selain itu, ada fenomena menarik terkait TSC 2016. Kompetisi ini menjadi unjuk ketajaman sejumlah winger. Banyaknya tim yang menggunakan formasi menyerang 4-2-3-1 dan 4-3-3 membuat peran winger seolah begitu menonjol. Mereka tak lagi menjadi penyuplai bola matang, tetapi juga menjadi sumber gol.

Berikut ini 4 winger tajam di TSC 2016:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Engelberd Sani (Madura United)

Engelberd Sani (Madura United)

Winger asal Papua ini menjadi salah satu pilar Madura United yang tak tergantikan. Dia sudah tampil dalam 22 laga. Di antara para winger lain, dia terbilang paling tajam lantaran sudah mengemas lima gol.

Engelberd mengandalkan kecepatan dalam melakukan tusukan dan dibekali kemampuan dribel mumpuni. Dia telah melakukan 33 persen dribel sukses. Sebagai winger, dia lebih sering melepaskan umpan dengan akurasi mencapai 69 persen, sementara akurasi tembakan 53 persen.

3 dari 5 halaman

Ferinando Pahabol (Persipura)

Ferinando Pahabol (Persipura)

Ferinando Pahabol merupakan pemain yang bisa beroperasi sebagai winger kanan atau penyerang sayap kanan. Tubuhnya yang mungil membuat dirinya mampu lincah bergerak. Dia pun dibekali kemampuan dalam menggocek bola.

Pahabol telah dimainkan dalam 24 laga dan mencetak lima gol. Tak hanya itu, dia pun menghiasinya dengan tiga assists. Artinya, Pahabol tak hanya tajam, tapi tetap menjaga fungsi utamanya sebagai winger yang mengutamakan operan. Akurasi operannya mencapai 72 persen dan berhasil melakukan 57 persen dribel sukses.

4 dari 5 halaman

Terens Puhiri (Pusamania Borneo FC)

Terens Puhiri (Pusamania Borneo FC)

Satu lagi talenta Papua mampu menggebrak di TSC 2016. Menariknya, Terens Puhiri juga berposisi sebagai winger. Benar, Papua dikenal sebagai produsen pesepak bola berbakat dan rata-rata berposisi sebagai winger. Maklum saja, kecepatan menjadi salah satu kelebihan utama pesepak bola asal Papua. Posisi yang pas dan mengandalkan kecepatan adalah penyerang sayap.

Terens telah bermain dalam 24 laga dengan mencetak empat gol serta empat assists. Akurasi operannya mencapai 71 persen, sementara dribel sukses mencapai 41 persen.

5 dari 5 halaman

Ilham Udin Armaiyn (Bhayangkara FC)

Ilham Udin Armaiyn (Bhayangkara FC)

Jebolan timnas U-19 ini tampil memukau di TSC 2016 bersama Bhayangkara FC. Dia merupakan winger kiri yang selalu mengandalkan kecepatan dalam menusuk pertahanan lawan. Dari 18 penampilan, dia sudah mencetak 4 gol dan 1 assist.

Di antara winger lain, Iilham Udin termasuk yang cukup sering melepaskan tembakan. Dia memiliki akurasi tembakan mencapai 65 persen. Sementara itu, akurasi operannya cukup tinggi yakni 73 persen dan dribel sukses 47 persen.

(I. Eka Setiawan)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.