Sukses

Abaikan FIFA, Timnas Inggris Ngotot Pakai Logo Bunga Poppy

Untuk memperingati Hari Veteran yang jatuh pada 11 November, seluruh pemain Inggris akan memakai ban hitam berlogo bunga Poppy.

Liputan6.com, London - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) telah mengonfirmasi bahwa para pemainnya di tim nasional akan mengenakan ban hitam bergambar bunga poppy saat menghadapi Skotlandia, pada Sabtu (12/11/2016) mendatang. Aksi ini ditujukan untuk memperingati Hari Genjatan Senjata yang jatuh setiap 11 November.

FIFA sebetulnya melarang setiap pesan atau simbol berbau politik, agama, atau bentuk komersialisasi dalam atribut pemain. Namun pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia kali ini, FA mendesak agar skuat The Three Lions bisa menunjukkan simpatinya pada hari bersejarah ini.

"Kami sepenuhnya menghormati law of the game (hukum permainan) dan secara serius mengambil peran kami di FIFA. Poppy adalah simbol penting dari veteran dan kami tak meyakininya sebagai pesan politik, agama, atau komersial, juga tak berhubungan dengan peristiwa sejarah," begitu punya pernyataan resmi dari FA, seperti dilansir The Sun.

"Sesuai dengan posisi setuju kami dengan FIFA pada 2011 dan apa yang kami percaya sudah sesuai dengan Undang-Undang, FA berniat untuk memberi penghormatan yang tepat untuk mereka yang telah berkorban (dalam perang) lewat timnas Inggris yang mengenakan ban hitam bergambar bunga poppy dalam pertandingan kami pada Hari Genjatan Senjata," ujarnya.

Kesepakatan Inggris dan Skotlandia jelang laga ini tentu beresiko denda bahkan pemotongan poin pada kedua tim oleh FIFA. Oleh karena itu, Perdana Menteri Theresa May, pada Rabu (2/11) kemarin mengecam induk organisasi sepak bola dunia tersebut karena merespon aksi ini secara berlebihan.

"Saya pikir sikap yang telah diambil oleh FIFA adalah benar-benar keterlaluan," kata Theresa May.

"Pemain sepak bola kami ingin mengakui dan menghormati orang-orang yang telah memberikan hidupnya untuk keselamatan dan keamanan kita semua," tutur Theresa May.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Hari Genjatan Senjata

Armistice Day atau Hari Genjatan Senjata atau Hari Veteran diperingati pada pukul 11.00 tiap tanggal 11 November dengan melakukan upacara mengheningkan cipta. Hari bersejarah ini juga diperingati dengan cara menyematkan bunga poppy merah di sebelah dada kiri dalam acara-acara resmi.

Pada pertandingan Liga Inggris antara Southampton melawan Chelsea 30 Oktober 2016 lalu, manajer Antono Conte terlihat menyematkan bros bunga poppy di atas jasnya. Bunga ini dipilih sebagai simbol Hari Veteran karena melambangkan warna darah yang tertumpah saat Perang Dunia I.

Dalam sebuah puisi karya dokter militer Kanada, John McCrae, dikisahkan bahwa pada PD I ribuan bunga poppy tengah bermekaraan di sepanjang medan perang di Flanders, sebuah negara bagian di Belgia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini