Sukses

Ballon d'Or 2016: Messi Diklaim Kalahkan Ronaldo

Harian Catalan Diario Gol mengklaim Lionel Messi akan mengalahkan Cristiano Ronaldo dalam pemilihan pemenang Ballon d'Or 2016.

Liputan6.com, Barcelona - Cristiano Ronaldo difavoritkan memenangkan penghargaan Ballon d'Or 2016 menyusul penampilan gemilang di Liga Champions dan Piala Eropa 2016. Dia membantu Madrid memenangkan trofi Liga Champions ke-11 dan mengantarkan Portugal menjadi juara Piala Eropa. Selain itu, eks pemain Manchester United ini mencetak 51 gol pada musim lalu.

Namun usai Piala Eropa, pemain berjuluk CR7 ini terus berjuang untuk mengembalikan permainan terbaiknya. Dia mengalami cedera lutut pada final Piala Eropa dan harus absen di sejumlah laga awal musim ini.

Laporan Diario Gol, Kamis (311/2016), menyebutkan Ronaldo bukan pemenang Ballon d'Or tahun ini. Harian Catalan itu mengklaim jika Lionel Messi yang memenangkan penghargaan tersebut. Diario Gol dalam laporannya menyebutkan jika wartawan Eropa yang menentukan pemenang Ballon d'Or akan menjatuhkan pilihan kepada  bintang Barcelona itu.

Lantas bagaimana dengan Ronaldo? Harian ini menyebutkan jika mantan kekasih Irina Shayk tersebut akan memenangkan The Best, penghargaan yang diberikan FIFA.

Belum ada kebenaran tentang pemberitaan Diario Gol itu. Tapi jika klaim itu benar, pecinta sepak bola bisa menilai mana penghargaan yang memiliki krediblitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ballon d'Or dan FIFA Pisah

Seperti diberitakan sebelumnya, FIFA telah resmi keluar dari perhelatan Ballon d'Or. Kontrak kerja bersama perusahaan media asal Prancis yang terjalin sejak 2010 lalu telah berakhir dan tak diperbaharui lagi. Karena itu, pemilihan pemenang Ballon d'Or musim ini juga kembali ke format awal yang hanya melibatkan wartawan Eropa.

FIFA lalu meluncurkan program yang sama sebagai saingannya. Rencananya, penghargaan The Best diberikan kepada pemain dan pelatih.

Format pemilihan dibagi dua. Setengahnya akan melibatkan kapten dan pelatih tim nasional seluruh dunia. Sedangkan setengah lagi dari suara publik yang dilakukan secara online oleh 200 perwakilan media pilihan.

Para pemain juga kembali akan memilih susunan pemain terbaik dunia atau FIFPro World 11. Sementara fans akan mendapat kesempatan untuk memberikan suara bagi pemenang gol terbaik alias Puskas Award yang dilakukan secara online.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.