Sukses

3 Pemain Myanmar yang Wajib Diwaspadai Indonesia

Timnas Indonesia akan menyambangi Yangon untuk menjajal Myanmar.

Liputan6.com, Yangon - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba ketiganya dengan melawan Myanmar di Stadion Thuwanna YTC, Jumat (4/11/2016) sore WIB. Pertandingan ini dipastikan akan berjalan menarik karena kedua tim sedang berada dalam kondisi yang baik jelang bentrok.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki modal bagus sebelum berhadapan dengan Myanmar. Dalam dua uji coba sebelumnya, Irfan Bachdim dan kawan-kawan menang 3-0 atas Malaysia dan mengimbangi Vietnam 2-2 pada awal Oktober lalu.

Hal ini ditunjang juga dengan rekor pertemuan Indonesia yang cukup apik ketika melawan Myanmar. Dalam empat pertemuan Indonesia versus Myanmar, skuat Garuda unggul dengan tiga kali menang dan sekali kalah.

Kendati demikian, bukan berarti Indonesia bisa dengan mudah meraih kemenangan atas Myanmar. Pasalnya, The White Eagles juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai menang telak 3-0 atas Hong Kong.

Jika dilihat, kombinasi pemain senior dan junior tampaknya menjadi senjata utama Myanmar. Terkait itu, Liputan6.com akan mencoba mengulas tiga pemain yang patut diwaspadai timnas Indonesia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yan Aung Kyaw

Yan Aung Kyaw

Yan adalah salah satu pemain senior yang saat ini berada di timnas Myanmar. Pemain berusia 27 tahun itu telah mengemas 44 caps dan juga mengemban tugas sebagai kapten.

Yan merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang. Dia ditugaskan untuk menjadi pengatur serangan permainan Myanmar.

Sejauh ini bersama Myanmar prestasi yang diraih Yan adalah meraih medali perunggu di SEA Games 2011. Di level klub, Yan merupakan salah satu pemain tersukses di Burma.

Hal itu dibuktikan usai Yan sukses mengantarkan Yangon United menjuarai Liga Myanmar sebanyak empat kali.

3 dari 4 halaman

Aung Thu

Aung Thu

Aung Thu merupakan penyerang muda yang mampu menembus skuat utama Myanmar. Pemain berusia 20 tahun itu bahkan telah mencetak dua gol dari 11 caps bersama The White Eagles.

Aung Thu adalah tipikal striker yang mengandalkan kecepatan. Penyerang berpostur 167 cm ini sangat sulit dihentikan karena memiliki skill individu yang baik.

Kendati masih muda, prestasi Aung Thu bisa dibilang sangat menawan. Pasalnya, dia sempat membawa Myanmar U-19 juara turnamen Hassanal Bolkiah pada 2014.

Selain itu, Aung juga berhasil menyabet gelar sebagai pemain muda terbaik di Piala AFF 2014. Di level klub, Aung baru saja sukses membawa klubnya, Yadanarbon juara Liga Myanmar. Alhasil, penyerang yang hanya memiliki tinggi tubuh 165 cm itu mampu menyabet gelar pemain terbaik Myanmar 2016. 

4 dari 4 halaman

Than Paing

Than Paing

Sama seperti Aung Thu, Than Paing merupakan bintang muda yang mampu menembus timnas senior Myanmar. Pemain berusia 19 tahun ini berposisi sebagai striker.

Than Paing adalah bagian dari timnas Myanmar U-19 saat mencetak sejarah lolos ke Piala Dunia U-20. Bersama Myanmar U-19, Than Paing mencetak tujuh gol dari 16 caps.

Berkat talentanya itu, Than paing akhirnya dipanggil untuk memperkuat timnas senior Myanmar pada tahun 2015. Sejauh ini Than Paing telah mengemas 10 caps.

Dia juga baru saja mencetak gol perdananya untuk Myanmar ketika menang 3-0 atas Hong Kong di laga uji coba, beberapa waktu lalu.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini