Sukses

Rapor Persib Usai Tahan Imbang Persija di El Clasico

Persib meladeni Persija tanpa diperkuat bintang-bintangnya seperti Zulham Zamrun, Rudolof Yanto Basna dan Hariono.

Liputan6.com, Solo - Persib Bandung bermain imbang 0-0 kontra Persija Jakarta pada pekan ke-27 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo di Stadion Andi Matallata, Sabtu (11/06/2016). Kendati berstatus sebagai tim tamu, Maung Bandung tampil lebih agresif ketimbang tuan rumah.

Persib meladeni Persija tanpa diperkuat bintang-bintangnya seperti Zulham Zamrun, Rudolof Yanto Basna dan Hariono. Dua nama pertama absen karena sedang memperkuat timnas Indonesia, sedangkan Hariono terpaksa absen karena akumulasi kartu kuning.

Kendati demikian, Persib justru tampil lebiih agresif ketimbang Macan Kemayoran. Itu dibuktikan dari data statistik yang menunjukkan skuat asuhan Djadjang Nurjaman ini mampu membuat 11 tembakan dimana empat mengarah ke gawang. Sementara Persija hanya mampu membuat tujuh tendangan dengan dua yang tepat sasaran.

Sayangnya hingga peluit panjang ditiupkan Tim Pangeran Biru gagal menciptakan satu gol pun. Hasil imbang ini membuat Persib tertahan di posisi ke-10 dengan 38 poin. Sementara Persija berada di peringkat ke-14 dengan 27 poin.

Berikut adalah rapor pemain Persib usai ditahan Persija:

M. Natshir (6,5): Bermain sangat apik pada laga ini. Natshir juga sempat membuat penyelamatan gemilang usai berhasil menangkap bola sundulan Emmanuel Kenmogne pada menit ke-52.

Tony Sucipto (6,5): Kedisiplinan Tony dalam bertahan membuat pemain sayap Persija, Abrizal Umanailo tak berkembang sepanjang laga.

Vladimir Vujovic (6,5): Tampil tidak terlalu optimal pada laga ini. Vlado juga seringkali gagal menjaga Pacho yang membuat penyerang Persija itu mendapatkan peluang mencetak gol. Beruntung tak ada gol yang bersarang di gawang Persib.

Diego Fereira (6,5): Tampil lebih baik ketimbang di laga-laga sebelumnya yang seringkali kecolongan mengawal penyerang lawan. Namun, Diego juga sempat membuat kesalahan yang nyaris berakibat bobolnya gawang Persib lewat sepakan Pacho.

Jajang Sukmara (7): Penampilan Jajang pada laga ini sangat prima. Bahkan dia sempat melakukan tekel sempurna yang membuat Rodrigo Tosi gagal mengeksekusi bola meski sudah berhadapan langsung dengan penjaga gawang M Natshir.

Taufik (6,5): Memerankan tugas sebagai gelandang bertahan dengan sangat baik. Intersep-intersep yang dilakukan Taufik menjadi alasan lini tengah Persija tak bisa leluasa mengalirkan bola. Tak sampai disitu lewat pergerakan Taufik memaksa Tosi melepaskan tekel yang berakibat kartu merah.

Kim Jeffrey Kurniawan (6): Memerankan tugas sebagai gelandang box-to-box dengan sangat baik. Sayang tidak ada peluang emas lahir dari kakinya.

Febri Haryadi (7,5): Performanya sangat menawan. Febri juga berulang kali mengancam gawang Persija lewat tusukan-tusukan dari sayap kanan. Peluang terbaik Febri tercipta pada menit ke-45 lewat sundulan, sayang Daryono bisa dengan sigap menangkap bola yang mengarah ke gawangnnya.

Marcos Abel Flores (6): Tampak masih belum padu dengan permainan Persib dibuktikan dari seringnya salah mengirim umpan.

Samsul Arif (6,5): Bermain sangat agresif lewat pergerakan-pergerakannya. Arif sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-44 ketika tembakan yang dia lepaskan diarahkan ke tengah sehingga bisa diblok Daryono.

Sergio Van Dijk (7,5): Tampil jauh lebih baik ketimbang saat melawan PSM pekan lalu. Itu dibuktikan dari banyaknya peluang yang diciptakan pemain naturalisasi ini. Puncaknya terjadi pada menit ke-43 ketika sundulannya masih mengenai mistar gawang Daryono.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.